Home Info Kesehatan Kesehatan Kulit Cara Menghilangkan Biduran Selamanya

Cara Menghilangkan Biduran Selamanya

0
43
Cara Menghilangkan Biduran Selamanya
Bagaimana Cara Menghilangkan Biduran Selamanya ? Sumber gambar: webmd.com

Artikel ini akan membahas dan menjawab pertanyaan pembaca tentang tips bagaimana cara menghilangkan biduran selamanya secara permanen agar tidak muncul atau kambuh kembali. Bagi Anda juga yang mengeluhkan biduran yang mengganggu maka silahkan baca artikel berikut ini.

Pertanyaan

Salam Dok, saya mau bertanya mengenai biduran yang telah lama saya rasakan. Saya sering mengalami biduran dan menurut saya ini tidaklah alergi lagi. Kayaknya biduran saya sudah sangat akut. Sekarang tidak peduli cuaca sedang dingin atau panas maka pasti kambuh. Dan sekarang tidak hanya malam hari, tetapi juga di siang hari. Biasanya dalam waktu 3 jam hilang kembali. Dengan keadaan seperti ini saya sangat merasa terganggu Dok, adalah cara menghilangkan biduran selamanya Dok?

Mengenali Biduran

Sebelum kami menjawab maka kami bagikan terlebih dahulu mengenai apa itu biduran secara singkat. Hal ini sangat penting untuk membangun satu kesepahaman tentang biduran.

Biduran atau kaligata dikenal dalam dunia kedokteran dengan istilah urtikaria. Biduran adalah suatu keadaan munculnya bilur-bilur putih atau kemerahan yang dirasakan gatal. Biduran ini bisa mengenai sebagian besar atau beberapa area tubuh.

Kemunculan biduran disebabkan oleh peningkatan kadar histamin dan senyawa kimiawi lain di dalam darah dan jaringan. Paling sering yang menyebabkan peningkatan histamin ini adalah reaksi alergi. Ada beberapa hal yang yang berhubungan dengan peningkatan kadar histamin dan kemunculan biduran, yaitu:

  • Cuaca dan suhu udara
  • Respon alergi akibat gigitan serangga atau makan jenis makanan tertentu.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Infeksi tertentu.
  • Keadaan medis lainnya semisal penyakit lupus, gangguan tiroid, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Selamanya ?

Lalu, kita kembali ke pertanyaan bagaimana cara menghilangkan biduran selamanya secara permanen agar tidak muncul atau kambuh kembali? Tentunya untuk mengeradikasi penyakit ini secara permanen adalah dengan menghilangkan penyebabnya. Silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat bantuan detail tentang keadaan Anda.

Dokter akan menilai dan menggali apa sebenarnya penyebab atau pencetus keluhan biduran yang Anda rasakan. Penggalian informasi ini bisa dikonfirmasi dengan beberapa pemeriksaan lanjutan bila dibutuhkan. Pada kasus yang Anda alami maka sangat bijak untuk meminta bantuan kepada dokter. Serangkaian pemeriksaan dapat dilakukan guna mencari apa sebenarnya yang menyebabkan biduran yang dialami semakin parah.

Pengobatan biduran biasanya dengan pemberian obat biduran di apotik semisal CTM. Pada kasus-kaus yang agak berat, dokter akan memberikan tambahan obat lainnya. Namun, penting untuk diingat bahwasanya obat-obat ini hanya bersifat mengurangi gejala. Keluhan akan kembali timbul bilamana faktor penyebab tidak diatasi. Hal ini penting untuk dipahami karena banyak pasien mengira penyakit ini telah sembuh dan tidak akan kembali lagi setelah gejala biduran hilang.

Kesimpulan

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara menyembuhkan biduran yang berkepanjangan. Jadi, kesimpulannya adalah biduran dapat dihilangkan bila mengatasi penyebab yang mendasarinya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here