Kerangka Acuan Kegiatan Tentang Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

0
160
Kerangka Acuan Kegiatan Tentang Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien
Kerangka Acuan Kegiatan Tentang Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

KERANGKA ACUAN KEGIATAN TENTANG PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN – Kerangka acuan kegiatan ini bisa Anda gunakan untuk persiapan dokumen akreditasi puskesmas. Silahkan Disimak.

DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431

Contoh Kerangka Acuan Kegiatan Tentang Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

A. Pendahuluan

Tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sehingga peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang baik dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat harus di upayakan.

Meningkatnya pendidikan dan sosial ekonomi masyarakat menuntut perubahan pelayanan kesehatan yang lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu. Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk pelayanan puskesmas secara bertahap perlu terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif, efisien serta memberikan kepuasan terhadap pasien, keluarga maupun masyarakat dengan tetap mengedepankan keselamatan pasien.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, seluruh unit pelayanan yang ada dan seluruh karyawan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan peduli terhadap keselamatan pasien, pengunjung, masyarakat, dan karyawan yang bekerja di Puskesmas.

Program mutu dan keselamatan pasien merupakan program yang wajib direncanakan, dilaksanakan, dimonitor, dievaluasi dan ditindak lanjuti diseluruh jajaran yang ada di Puskesmas, mulai dari pemilik, Kepala puskesmas, penanggung jawab pelayanan klinis, dan seluruh karyawan. Oleh karena itu perlu disusun program peningkatan mutu dan keselamatan pasien Puskesmas ABCD. yang menjadi acuan dalam pelayanan klinis yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

B. Latar Belakang

Jumlah pengunjung Puskesmas ABCD cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu seiring dengan semakin meningkatnya kepesertaan BPJS yang memilih puskesmas ngaglik II sebagai pemberi pelayanan tk 1. Pengunjung terbanyak adalah di poli umum, urutan berikutnya adalah poli gigi, poli KIA, laboratorium, konsultasi psikologi, konsultasi gizi dan konsultasi sanitasi. Pengorganisasian program peningkatan mutu dan keselamatan pasien dilakukan oleh tim Jaga mutu. Untuk mengevaluasi pelayanan yang telah diberikan, maka setiap bulan tim ini melakukan RCD atau Reflection Case Discussion (diskusi refleksi kasus).

C. Tujuan

Tujuan umum:
Meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di Puskesmas ABCD

Tujuan khusus:
1. Meningkatkan mutu pelayanan klinis
2. Meningkatkan mutu manajemen
3. Meningkatkan pemenuhan sasaran keselamatan pasien

UNTUK LANJUTANNYA DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431

Baca Juga : Program Peningkatan Mutu Yang Terintegrasi Dalam RUK Puskesmas

Nah, itu tadi Kerangka Acuan Kegiatan Tentang Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini