Home Asam Lambung Penyakit Asam Lambung Apakah Ada Bahaya Asam Lambung Terhadap Jantung?

Apakah Ada Bahaya Asam Lambung Terhadap Jantung?

apakah ada bahaya asam lambung terhadap jantung

Pertanyaan ini sering ditanyakan yaitu apakah ada bahaya asam lambung terhadap jantung? Sebenarnya pertanyaan ini bertolak dari sering disamakannya dua penyakit yang berbeda. Penyakit asam lambung naik atau dikenal juga dengan penyakit gastroesofageal refluks disease (GERD) seringkali dihubungkan dengan serangan jantung. Sebenarnya antara kedua penyakit ini tidak memiliki hubungan dan keterkaitan.

Penyakit Asam Lambung dan Serangan Jantung

Sebelum kita menyimak pembahasan nya, kita pahami terlebih dahulu apa itu serangan jantung dan apa itu penyakit asam lambung. Hal ini penting guna dapat membedakan antara dua penyakit dengan gejala yang beririsan.

Serangan jantung adalah kondisi medis dimana pasien merasakan sejumlah gejala dan tanda sebagai akibat terganggunya aliran darah di pembuluh jantung. Gejala yang khas dirasakan adalah nyeri dada atau berasal dari belakang tulang dada (dada terasa panas, terhimpit beban berat, diremas-remas, atau sesak nafas).

Untuk lebih memahami gejala dan tanda serangan jantung silahkan baca tautan ini: Gejala serangan jantung yang khas.

Gangguan aliran darah penyebab serangan jantung ini bisa disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan total pada pembuluh darah koroner (pembuluh darah yang mendarahi otot-otot jantung). Penyempitan ini akan mengganggu asupan oksigen dan nutrisi dari darah ke sel-sel otot jantung. Akibatnya, jantung kekurangan oksigen sehingga menimbulkan rasa nyeri dan gejala khas yang disebutkan di atas.

Sementara itu, penyakit asam lambung adalah suatu keadaan medis dimana cairan isi lambung mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan hingga rongga mulut. Cairan isi lambung yang bersifat asam dan pH nya rendah (semakin rendah pH maka semakin asam) akan mengiritasi permukaan kerongkongan. Iritasi akan menyebabkan peradangan dan menimbulkan gejala sensasi panas di area ulu hari dan dada serta nyeri dada (atau lebih dikenal dengan heartburn).

Simak juga: Bahaya asam lambung naik ke kepala

Perbedaan Nyeri Dada dan Dada Panas Akibat Asam Lambung Naik dan Serangan Jantung?

Sebenarnya kedua penyakit ini tidak berkaitan secara langsung, tetapi gejala nyeri dada yang dihasilkan oleh karena asam lambung naik hampir mirip dengan serangan jantung. Dokter biasanya akan melakukan triase setiap gejala nyeri dada mulai dari anamnesis yang mendalam, pemeriksaan fisik yang akurat hingga pemeriksaan laboratorium.

Anamnesis dan pemeriksaan fisik yang baik sebenarnya telah mampu membedakan antara penyebab nyeri dada dan dada panas dari asam lambung naik dan serangan jantung. Namun, ada kalanya dibutuhkan tambahan pemeriksaan berupa pemeriksaan laboratorium yaitu dengan pemeriksaan enzim jantung. Bila hasilnya positif maka nyeri dada dan dada panas disebabkan oleh penyakit serangan jantung.

Membedakan Sejak Dini

Tanpa harus menunggu pemeriksaan di IGD, Anda bisa juga membedakan nyeri dada dan dada panas apakah diakibatkan oleh asam lambung naik atau serangan jantung. Bia gejala nyeri dada dan dada panas muncul maka dianjurkan meminum obat antasida. Bila gejala berkurang dengan minum obat antasida maka kemungkinan besar gejala disebabkan oleh penyakit GERD.

Namun, bila tidak ada perubahan pertimbangkan kemungkinan serangan jantung, apalagi bila Anda memiliki faktor risiko yang tinggi. Anda disarankan tidak panik dan memanggil bantuan. Bersegeralah untuk mendapatkan bantuan di IGD rumah sakit. Semakin cepat Anda ke rumah sakit maka semakin baik kemungkinan hasil akhir yang didapatkan.

Jadi, Sebenarnya Adakah Bahaya Asam Lambung Terhadap Jantung?

Jawabnya ada, tapi tidak secara langsung. Namun, perlu diketahui bahwasanya gejala asam lambung naik dapat memicu kecemasan yang berlebihan dan stress psikis. Hal ini akan membuat jantung bekerja lebih cepat dan kuat. Pada kondisi seperti ini akan rentan terjadi penyempitan dan penyumbatan saluran pembuluh darah.

Orang yang cemas dan stress akan memiliki risiko serangan jantung yang semakin tinggi. Nyeri dada yang ringan dan stabil (angina pektoris stabil) dapat menjadi tidak stabil bila seseorang mengalami stress. Oleh karena itu manajemen stres yang baik akan memperbaiki angka prognosis penyakit jantung.

Nah, itu tadi pembahasan tentang apakah ada bahaya asam lambung terhadap jantung. Semoga pembaca menjadi lebih paham. Silahkan bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat.