Aplikasi Trading Saham Online Terbaik Syariah Yang Terdaftar di OJK

0
162
Aplikasi Trading Saham Online Terbaik Syariah Yang Terdaftar di OJK
aplikasi trading saham terbaik dan terpercaya
link jenis bantuan pemerintah yang bisa di daftar selama pandemi COVID yaitu: KLIK DI SINI

Berikut ini adalah ulasan mengenai list nama-nama aplikasi trading saham online terbaik syariah yang terdaftar di OJK. Baca ini sebelum memulai melakukan proses trading syariah. Yuk disimak dengan seksama.

Apa saja nama aplikasi yang support trading saham syariah terbaik yang ada di Indonesia. Tentunya sangat banyak penilaian akan untuk menentukan suatu aplikasi paling baik. Para user atau investor biasanya akan menilai tentang kemudahan proses trading saham dan performa sekuritas sang penerbit aplikasi. Namun pastinya, sebagai seorang muslim yang mencoba menjalankan syariat secara penuh, disarankan untuk juga menimbang prinsip-prinsip syariah supaya memperoleh keuntungan yang berkah.

Tidak begitu banyak perusahaan sekuritas (juga dikenal broker) yang mengeluarkan aplikasi yang sistemnya mendukung syariah. Hanya beberapa perusahaan tertentu yang mempunyai sertifikat syariah dari DSN MUI dan merupakan kelompok SOTS (Shariah Online Trading System). Adapun aturan ini mengambil pedoman dari fatwa DSN-MUI No. 80 tahun 2011 mengenai Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Di Pasar Reguler Bursa Efek.

Manfaat Aplikasi Trading Saham Syariah Bagi Investor Muslim

Muslim yang menjadi trader akan memperoleh banyak keuntungan bila memakai aplikasi saham syariah. Aplikasi ini terkoneksi dengan sistem SOTS yang mewajibkan aplikasi menerapkan sistem transaksi saham secara online yang mengacu pada tatanan dan nilai syariah di bursa efek.

Sistem SOTS akan melakukan penyaringan saham-saham syariah yang dapat dilakukan transaksi. Oleh karena itu, akan diusahakan semaksimal mungkin tidak bercampur dengan saham-saham yang masih bertransaksi secara konvensional. Apalagi bila perusahaannya bergerak di bidang makanan dan minuman yang haram, perjudian online, jasa keungan konvensional yang berbau riba, dan ranah-ranah yang lain yang bertentangan dengan syariat Islam. Transaksi jual beli saham syariah ini hanya bisa dilaksanakan secara tunai (cash-basis-transaction) dan short selling.

Daftar Nama-Nama Aplikasi Saham Syariah di Indonesia

Tidak panjang lebar lagi, berikut ini kami lampirkan beberapa nama aplikasi saham syariah yang telah terdaftar di lembaga OJK (otoritas jasa keuangan). Ada 18 aplikasi yang terkumpul dimana semuanya sudah mempunyai sertifikat syariah DSN MUI dan sudah menjadi bagian dari SOTS.

NAMA APLIKASI TRADING SAHAM SYARIAHSEKURITAS
IPOT SYARIAHPT Indo Premier Sekuritas
HOTS SYARIAHPT Mirae Asset Sekuritas
MOST SYARIAHPT Mandiri Sekuritas
POST SYARIAHPT Panin Sekuritas Tbk.
E-SMART SYARIAHPT BNI Sekuritas
iTRIMEGAH SYARIAHPT Trimegah Sekuritas Tbk.
PROFITS SYARIAHPT Phintraco Sekuritas
SPOT SYARIAHPT Sucor Sekuritas
FAST SYARIAHPT FAC Sekuritas
MNC Trade SyariahPT MNC Sekuritas
HPX SyariahPT Henan Putihrai Sekuritas
POEM SyariahPT Philip Sekuritas Indonesia
RHB Trade Smart SyariahPT RHB Sekuritas
STAR SyariahPT Samuel Sekuritas
KE Trade SyariaPT Maybank Kim Eng Sekuritas
OSO Trader SyariahPT OSO Sekuritas Indonesia
Kresna Trader SyariahPT Kresna Sekuritas
Danareksa Online Trading SyariahPT Danareksa Sekuritas

Cara Daftar Aplikasi Trading Syariah

Nah, Anda sudah tahu mana-mana saja aplikasi yang sudah sesuai dengan fatwa DSN. Namun, tetap mengupdate informasi berita terkini karena beberapa aplikasi dapat keluar atau masuk dari kelompok SOTS ini.

Kemudian Kami juga akan berbagi tips bagaimana cara melakukan pendaftaran pada aplikasi trading saham terbaik yang ada di list di atas.

Hal pertama yang dilakukan tentunya adalah menyediakan uang pangkal. Uang ini akan digunakan sebagai setoran awal. Meskipun ada beberapa aplikasi yang dapat membuka rekening tanpa setoran awal, akan tetapi Anda tetap tidak akan bisa melakukan pembelian saham bilamana tidak ada uang pangkal.

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, semisal: Kartu tanda penduduk (KTP), NPWP (nomor pokok wajib pajak) bila ada, buku tabungan, dan smartphone yang bisa dilakukan penginstalan aplikasi trading saham. Keberadaan smartphone ini penting sekali karena akan dipergunakan untuk transaksi secara online.

Di bawah ini kami contohkan bagaimana jual beli saham di IPOT Syariah

Cara Daftar Akun IPOT Syariah

Agar dapat melakukan akses ke aplikasi IPOT Syariah ini, Anda diwajibkan buka rekening RDN dan aktivasi akun syariah. Berikut ini step-step yang dilakukan:

  • Buka situs resmi IndoPremier di www.indopremier.com
  • Pilihlah “Open an Account”
  • Pilihlah “Manual Registration” kemudian berikan tanda centang pada “Saya Ingin Membuka Account Syariah”
  • Isilah data diri dengan baik dan benar
  • Silahkan cetak berkas dan tanda tangan bersesuain dengan fotokopi KTP, buku tabungan, dan cetak foto selfie.
  • Silahkan kirim dokumen melalui kantor pos ke alamat Kantor IndoPremier Pusat di Jakarta. Anda bisa mengirim secara gratis dengan menggunakan fasilitas pick up dokumen, akan tetapi hanya berlaku dengan jarak paling jauh 20 KM.

Nah itu tadi ulasan tentang aplikasi trading saham online terbaik syariah yang terdaftar di OJK. Ingat, jangan bermain trading saham bilamana Anda ragu apakah aplikasi tersebut tidak sesuai syariat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here