Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam (Mata Panda)

0
127
Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam
Ilustrasi Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam. Sumber gambar: Cimberley dari Pixabay Free License

Banyak cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam yang bisa Anda cobakan. Hal ini terutama diperuntukkan bagi Anda yang sering kurang porsi tidur. Walaupun tidak berbahaya, keberadaan kantong mata dan lingkaran hitam dapat mengganggu penampilan.

Kantong mata dan lingkaran hitam ini kerap dikenali sebagai mata panda. Hal ini biasanya timbul berkenaan dengan usia karena proses penuaan dapat mengurangi jumlah kolagen yang ada di kulit sekitar mata. Oleh sebab itu, kelopak mata akan menjadi kendor.

Penyebab Munculnya Mata Panda

Kantung mata disebabkan karena apa? Selain disebabkan oleh proses penuaan, kemunculan mata panda ini bisa juga dikarenakan oleh berbagai hal berikut ini:

  • Kurang tidur dan kelelahan
  • Kenaikan jumlah melanin pada area kulit di sekitar mata. Pada umumnya ini disebabkan oleh paparan sinar matahari berulang dan berlebihan.
  • Proses peradangan
  • Hiperpigmentasi
  • Penumpukan cairan di sekitar mata, semisal akibat perubahan hormon ataupun konsumsi garam yang berlebihan
  • Stress

Kebanyakan orang akan merasa hal ini akan mengganggu penampilan apalagi bila derajat kantong mata dan lingkaran hitam terbilang parah. Oleh sebab itu, kami akan berbagi tips bagaimana cara mengurangi kantong mata dan lingkaran hitam ini.

Tips Cara Cepat menghilangkan Kantung Mata Yang Menggelembung dan Lingkaran Hitam (Mata Panda)

Beberapa perawatan sederhana berikut bisa Anda terapkan guna mengurangi keluhan mata panda yang dialami.

Penggunaan Kompres Dingin

Kompres mata dinilai bermanfaat untuk meredakan mata yang bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam sekitar mata. Silahkan mengompres mata dengan menggunakan kain lap yang bersih. Gunakan air dingin atau bungkus es dengan kain lap tadi. Lakukan kompres mata ini selama 10 sampai 15 menit.

Selain menggunakan kain lap dan air dingin, Anda juga bisa mengompres mata dengan memanfaatkan kantong teh hijau yang masih basah, potongan buah mentimun, ataupun masker khusus mata yang berbentuk gel.

Terapkan Pola Tidur Yang Sehat

Seperti dijelaskan di atas bahwasanya kantong mata bisa muncul karena kurang tidur atau kelelahan. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur dalam waktu yang cukup sedikitnya 7 sampai 9 jam setiap malam.

Tahukah Anda bahsawanya posisi tidur juga dapat meredakan pembengkakan mata ini. Cobalah untuk tidur dalam posisi kepala agak sedikit di atas (terangkat). Silahkan gunakan bantal sandaran kepala. Hal ini akan membantu memperlancar aliran darah di kepala termasuk sekitar mata sehingga mencegah terjadinya timbunan cairan.

Hindari Minuman Yang Mengandung Alkohol dan Kafein

Minuman yang berkomposisi alkohol atau kafein bisa menimbulkan dehidrasi dalam derajat ringan bila diminum terlampau berlebihan. Selain itu, minuman ini berpotensi mengganggu pola tidur sehingga membuat pembengkakan di sekitar mata dan lingkaran hitam menjadi lebih jelas. Oleh sebab itu, disarankan untuk membatasi jumlah minuman beralkohol dan berkafein supaya mata panda yang dialami lebih cepat hilang.

Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Dengan menjaga status cairan tubuh maka akan mencegah timbulnya kantong mata. Selain itu, hal ini akan menghindari retensi cairan karena menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh.

Memenuhi Asupan Kalium Tubuh

Asupan kalium tubuh yang kurang juga meningkatkan risiko terbentuknya mata panda. Beberapa pilihan makanan yang mengandung kalium seperti kacang, yoghurt, pisang, dan sayuran hijau.

Pakai Krim Mata Khusus

Ada henis krim mata yang memiliki kandungan chamomile, mentimun, vitamin C, vitamin K, vitamin E, ataupun arnica. Krim seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi radang pada kulit sekitar mata. Selain itu, juga akan mengencangkan kulit agar tidak terlihat kendor.

Manfaatkan Tabir Surya

Disarankan untuk mengurangi aktivitas di bawah terik matahari. Bila tidak memungkinkan maka gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 pada aktivias harian. Anda juga bisa memakai concealer yang warnanya lebih terang dari kulit Anda. Selain melindungi kulit, hal ini akan menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

FAQ

Apakah kantung mata bisa hilang dengan sendirinya?

Pada dasarnya masalah kantung mata dan lingkaran hitam tidak membutuhkan perawatan. Asalkan Anda menerapkan pola hidup yang sehat dan menghindari faktor pencetusnya maka mata yang bengkak dan lingkaran hitam disekitarnya akan berkurang seiring waktu.

Namun, pada individu yang telah berumur maka prosesnya akan berjalan lebih lambat atau bahkan tidak berkurang sama sekali. Berbagai cara alami mengatasi kantung mata yang kendur dan menghitam juga akan dirasakan tidak berfaedah. Biasanya dokter akan menawarkan prosedur operasi untuk menghilangkan kantung mata secara permanen.

Apakah boleh menggunakan es batu pada wajah setiap hari?

Boleh asalkan dalam dosis yang tidak berlebihan. Disarankan untuk mengompres kantung mata selama 10-15 menit setiap hari sampai keluhan hilang. Direkomendasikan juga untuk melapisi es batu dengan kain agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit saat pengompresan.

Kapan waktu yang tepat untuk mengompres wajah dengan es batu?

Silahkan kompres pada waktu pagi hari atau setiap malam sebelum Anda tidur.

Nah, itu tadi informasi kesehatan mata tentang tips bagaimana cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam atau mata panda. Silahkan dicobakan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here