Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih

0
16
Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih
Tips Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih

Cara mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih bisa Anda lakukan dengan mudah dan pastinya murah. Infeksi sinus atau sinusitis secara medis disebut dengan rhinosinusitis yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan rongga hidung.

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh virus, tetapi dalam kasus yang sering terjadi gangguan ini bisa terjadi karena bakteri atau jamur. Sakit kepala hidung, tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, batuk adalah beberapa cici gangguannya.

Bahkan Anda juga bisa mengalami drainase postnasal, nyeri, bengkak sekitar mata, pipi, hidung atau dahi. Penciuman serta pengecapan adalah beberapa tanda dan gejala dari gangguan penyakit sinusitis ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan di Leher Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Sinusitis dengan Minyak Kayu Putih

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi sinusitis ini, untuk menurunkan rasa sakit sinus. Cara yang mudah dan sederhana bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah, cara dibawah ini bisa Anda lakukan.

Cara menyembuhkan sinusitis denan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan metode uap. Menghirup uap adalah salah satu cara yang mudah dan ramah untuk gangguan sinusitis ini.

Anda bisa menuangkan minyak kayu putih, pada semangkuk air mendidih. Ambil handuk dan tutuplah kepala menghadap mangkuk. Sehingga uap dapat sepenuhnya dihirup dan dapat memperlancar pernapasan.

Anda kami sarankan jangan terlelu dekat dengan uap air yang dihirup, karena dapat menganggu penglihatan Anda. Letakkan kepala dengan jarak sewajarnya agar bisa uap bisa ke atas dan tidak mengganggu penglihatan.

Anda bisa melakukan kegiatan ini secara rutin, untuk mengatasi gangguan sinusitis, karena gangguan ini gampang-gampang susah untuk mengobatinya. Sehingga Anda harus sabar ketika mengatasi gangguan ini.

Simak Juga : Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kunyit

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Beberapa Penyakit

Minyak kayu putih sudah terkenal memilik banyak manfaat. Bahkan minyak ini sudah digunakan sejak puluhan tahun yang lalu. Minyak kayu putih diperoleh dari pohon eucalyptus yang berasal dari daun-daun yang dikeringkan.

Banyak penelitian bahwa minyak kayu putih memiliki manfaat yang banyak, manfaat minyak kayu putih ini diantaranya banyak digunakan untuk meredakan pada saluran pernapasan, karena aroma yang dihasilkan sangat merangsang area pernapasan,

1. Meredakan Batuk

Salah satu manfaat minyak kayu putih bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk, oleh karena itu minyak kayu putih menjadi campuran obat-obatan. Minyak ini memiliki rasa yang hangat ketika dioleskan pada kulit.

2. Melegakan nafas

Minyak kayu putih juga bisa dipakai untuk membersihkan lendir-lendir yang menghalangi saluran nafas. Sehingga efek yang diperoleh adalah rasa lega, oleh karena itu digunakan sebagai cara mengatasi sinusitis kronis dengan minyak kayu putih ini.

3. Meredakan nyeri

Minyak kayu putih juga memberikan efek Pereda nyeri, biasanya digunakan oleh pasien pasca operasi. Hal ini membuktikan adanya perbaikan keluhan nyeri, tetapi belum terdapat penelitian lebih lanjut.

Manfaat minyak kayu putih sudah banyak dirasakan masyarakat sejak jaman dahulu, bahkan minyak ini sangat mudah diperoleh di apotik-apotik terdekat. Oleh karena itu banyak saran sebagai cara dalam mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih. (ditulis oleh SA untuk drzuhdy.com)

Baca Juga : Cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini