1 Butir Telur Berapa Kalori

0
28
1 Butir Telur Berapa Kalori
1 Butir Telur Berapa Jumlah Kalorinya

DrZuhdy.com – Penting Anda ketahui 1 butir telur berapa kalori sebenarnya? Ini informasi yang penting khususnya buat Anda yang sedang mengatur pola makan Anda.

Membahas tentang kalori dalam satu butir telur, informasi ini sangat penting terutama bagi Anda yang sedang menjaga asupan kalori harian atau mungkin sedang dalam program diet. Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik dan memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, tergantung pada ukurannya dan cara pengolahannya.

Rincian 1 Butir Telur Berapa Kalori

Secara umum, kalori satu butir telur ayam mentah berkisar sekitar 62,9 kkal. Namun, metode memasak telur dapat mempengaruhi jumlah kalorinya. Misalnya, telur dadar memiliki kalori sekitar 93,9 kkal, telur ceplok goreng sekitar 90,2 kkal, telur orak-arik sekitar 90,9 kkal, dan telur rebus memiliki kalori sekitar 77,5 kkal.

Jika Anda mengonsumsi lebih dari satu butir telur, Anda bisa mengalikan jumlah porsi dengan jumlah kalori satu butirnya untuk mendapatkan total kalori yang dikonsumsi. Telur juga dianggap baik untuk program diet karena merupakan sumber protein yang tinggi, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan mengurangi hormon lapar dan meningkatkan hormon pemicu kenyang. Dengan demikian, konsumsi telur bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama​​.

Kalori dalam telur juga bergantung pada ukurannya. Telur kecil (38 gram) memiliki sekitar 54 kalori, telur sedang (44 gram) sekitar 63 kalori, telur besar (50 gram) sekitar 72 kalori, telur ekstra besar (56 gram) sekitar 80 kalori, dan telur jumbo (63 gram) sekitar 90 kalori. Penting untuk diperhatikan bahwa kalori ini berlaku untuk telur utuh tanpa bahan tambahan apa pun. Jika telur dimasak dengan minyak, mentega, atau bahan lain, jumlah kalorinya akan bertambah​​.

Telur tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan penting untuk tubuh. Satu butir telur rebus (sekitar 50 gram) dapat menyediakan sekitar 77 kalori, 6,3 gram protein, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12 (cobalamin), vitamin B5 (asam pantotenat), fosfor, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini menjadikan telur sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk mendukung diet sehat dan seimbang​​.

Dengan mengonsumsi telur dalam jumlah yang sesuai, Anda tidak hanya mendapatkan asupan protein yang cukup, tetapi juga berbagai nutrisi penting lainnya yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini