Apakah Paracetamol Bisa Meredakan Sakit Gigi ?

0
186
Apakah Paracetamol Bisa Meredakan Sakit Gigi
Gambar gigi oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay


Apakah paracetamol bisa meredakan sakit gigi yang sangat menganggu? Semua orang akan setuju bahwasanya nyeri pada gigi akan terasa sangat menganggu dan membuat jengkel. Selain susah untuk mengunyah makanan, nyeri pada gigi akan membuat penderitanya susah untuk melakukan berbagai aktivitas dan memusatkan perhatian. Oleh sebab itu, usaha yang pertama yang banyak kita lakukan adalah mengurangi sakit gigi dengan berbabagi cara, termasuk dengan minum obat.

Lantas apakah parasetamol termasuk obat yang mengurangi sakit pada gigi? Jawabannya ya! Parasetamol adalah salah satu jenis obat dari sekian banyak obat yang berperan sebagai pengurang rasa sakit (termasuk sakit gigi). Namun, Anda harus tahu penjelasan tambahan berikut ini.

Obat Parasetamol Hanya Bersifat Pereda Nyeri Sementara

Obat paracetamol yang Anda minum hanya berfungsi mengurangi nyeri pada gigi untuk sementara waktu. Bilamana zat obat telah larut dan habis dalam darah maka efek dan fungsinya akan berkurang dan Anda akan mulai merasakan nyeri gigi kembali.

Jadi, Anda harus mengetahui apa penyebab yang mendasari timbulnya nyeri gigi dengan meminta bantuan dokter gigi. Dengan mengetahui dasar penyebab maka nyeri pada gigi akan hilang tanpa bantuan obat parasetamol.

Sembari berproses ke dokter gigi maka Anda boleh minum parasetamol yang memiliki sediaan 500 mg atau 650 mg. Sebagian besar obat yang mengandung bahan aktif parasetamol ini bersifat aman. Jarang sekali terjadi reaksi alergi atau kejadian buruk yang tidak diinginkan lainnya. Pengolahan obat ini juga tanpa gluten, laktosa, gula, serta tidak mengandung ibuprofen.

Pahami Aturan Pakainya

Obat parasetamol ini tergolong obat bebas sehingga mudah dan banyak pada toko obat dan apotik pasaran. Dosis obat ini adalah 3 sampai 4 kali sehari sebanyak 500 hingga 650 mg (satu tablet) setiap minum. Maksimal konsumsi obat adalah 8 tablet dalam waktu 24 jam.

Bila tetap merasakan nyeri setelah obat ini maka jangan paksakan minum obat dengan melebihi anjuran dosis. Paracetamol adalah obat yang berpotensi mengurangi nyeri gigi ringan hingga sedang. Jadi, silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis obat lainnya.

Cara terbaik untuk mencegah nyeri pada gigi adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Banyak hal yang dapat kita lakukan berkenaan dengan hal ini, antara lain:

  • Memeriksaan kesehatan gigi secara teratur
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.
  • Rutin dan disiplin dalam menyikat gigi selama sekitar 2 menit dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.

Nah, itu tadi penjelasan dari kami. Semoga bisa menjawab pertanyaan tentang apakah paracetamol bisa meredakan sakit gigi. Semoga bermanfaat.

Simak informasi terkait lainnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil, Jangan Sembarangan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here