Home Administrasi Kesehatan STR Berapa Lama STR Online Jadi Untuk Perawat, Bidan, dan Nakes Lain?

Berapa Lama STR Online Jadi Untuk Perawat, Bidan, dan Nakes Lain?

0
276
berapa lama str online jadi
Menjawab berapa lama str online jadi dicetak dan dikirm.

Berapa lama STR online jadi? Tentunya pertanyaan seperti ini sangat sering terbenak dalam hati, apalagi bila Anda seorang tenaga kesehatan yang baru lulus dan sedang mengurus str baru. Memang lama waktu pembuatan surat tanda registrasi ini membuat penasaran. Untuk itu mari kita bahas bersama-sama.

Kisaran Berapa Lama STR Online Jadi Dicetak dan Dikirim

Untuk mengetahui berapa lama surat tanda registrasi selesai dan ada pada tangan Anda maka kita harus paham tentang langkah-langkah pembuatan nya. Kami sudah pernah membahas langkah ini. Silahkan baca pada: cara daftar str online untuk melihat langkah-langkahnya.

Dari tulisan tersebut, kami menyimpulkan bahwasanya ada 11 langkah mulai dari akses aplikasi registrasi str online versi 2.0 hingga str sampai ke tangan Anda. Adapun langkah tersebut, antara lain:

  1. Persiapan berkas
  2. Akses aplikasi,
  3. Prosedur regitrasi baru atau ulang,
  4. Pengisian data
  5. Validasi oleh anggota MTKI dan perwakilan OP,
  6. Pembayaran,
  7. Persetujuan dan produksi ,nomor str dan kode QR,
  8. Pencetakan str
  9. Penandatanganan str
  10. Fotokopi dan legalisir serta packing, dan
  11. Pengiriman.

Rentang Lama Waktu

  • Langkah I sampai IV dapat kita laksanakan secara singkat. Langkah ini cukup mudah asalkan semua bahan dan persyaratan telah terpenuhi. Prosedur ini bisa rampung dalam waktu kurang dari sehari.
  • Langkah V adalah proses validasi oleh MTKI dan perwakilan OP. Berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), tahapan ini memerlukan waktu kira-kira 7 hingga 14 hari kerja.
  • Langkah VI yaitu pembayaran. Prosedur ini juga cukup mudah dan membutuhkan waktu kerja kurang dari satu hari. Pastikan Anda paham atau bisa lihat pada tulisan ini: cara pembayaran str online.
  • Langkah VII hingga X memerlukan waktu kira-kira 10 hari kerja. Waktu ini disebut juga dengan waktu penerbitan karena berkas str Anda akan diterbitkan setelah laporan pembayaran telah masuk.
  • Langkah XI adalah waktu pengiriman str ke alamat korespondensi masing-masing. Waktu ini tentunya akan berbeda-beda untuk tiap kota.

Kesimpulan

Nah, berdasarkan keterangan dan penjelasan yang telah kami sampaikan maka Anda dapat memperkirakan berapa lama str online jadi. Perkiraannya adalah selama 18 sampai 25 hari dengan penambahan waktu pengiriman maka str berada pada tangan Anda. Mudah-mudahan artikel ini banyak membantu.

  • Sumber:
    • https://ktki.kemkes.go.id/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here