Cara Alami Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

1
208
cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat

Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Seperti mengonsumsi buah penurun kolesterol hingga menghindari makanan pemicu kolesterol tinggi. Kolesterol terkadang tidak ditandai dengan gejala tertentu, akan tetapi penyakit ini bisa memicu berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, maka Anda harus rajin berkonsultasi dengan dokter sekaligus melakukan tes darah secara teratur. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengetahui dan terus memantau kadar kolesterol Anda. Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu menjaga pola makan.

Hindari konsumsi makanan tinggi lemak karena makanan tersebut bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sebagai alternatifnya Anda lebih disarankan untuk konsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin, mineral dan pektin yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Untuk Turunkan Kolesterol dengan Cepat

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, yaitu sebagai berikut:
Minum Air Jeruk Nipis
Cara alami turunkan kolesterol jahat adalah dengan minum air jeruk nipis. Konsumsi air ini bisa dilakukan dua kali sehari pada pagi dan malam. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis mampu mengikat kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung anti oksidan tinggi, sehingga mampu mencegah serangan radikal tubuh.

Konsumsi jus anggur
Kandungan anggur berupa piceatannol dan resveratrol berguna sebagai zat anti mikroba. Minum jus anggur setiap hari bisa menurunkan kolesterol, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Konsumsi Makanan yang Kaya Serat
Selain baik untuk kesehatan pencernaan, konsumsi serat juga mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus. Sehingga mampu mengikat kolesterol jahat yang pada akhirnya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran atau feses. Konsumsi serat juga bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

Berolahraga
Olahraga merupakan salah satu cara cara alami menurunkan kolesterol. Selain membuat tubuh bugar, olahraga akan membakar tumpukan lemak pada tubuh. Hal tersebut secara otomatis akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan akan meningkatkan produksi kolesterol baik. Bagi penderita obesitas, olahraga sangat disarankan agar bisa menurunkan berat badan.

Lemak Tak Jenuh Turunkan Kolesterol Jahat

Banyak sekali jenis makanan yang mampu menurunkan kolesterol jahat karena mengandung lemak tak jenuh. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah:

Pepaya
Cara alami turunkan kolesterol jahat yaitu dengan cara konsumsi papaya. Kandungan likopen, vitamin C dan E pada papaya sangat ampuh untuk turunkan kolesterol jahat. Kinerja Vitamin E dan C dengan enzim yang menghasilkan senyawa paraxonase mampu menghambat kolesterol jahat.

Jambu merah
Jambu merah mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan jambu merah mengandung fitonutrien, vitamin serta kalium yang bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi jus jambu merah setiap hari juga mampu meningkatkan sistem imun karena kandungan anti oksidan sangat tinggi.

Salmon
Salmon kaya akan lemak tak jenuh yaitu berupa omega 3. Lemak ini terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya. Konsumsi salmon juga mampu meningkatkan kolesterol baik hingga empat persen. Jika tubuh kaya akan kolesterol baik maka secara otomatis kolesterol jahat akan turun.

Konsumsi makanan sehat serta berolahraga merupakan kunci hidup sehat. Jika hal tersebut dilakukan maka tidak hanya bisa menurunkan kolesterol saja, akan tetapi juga bisa mencegah terserang penyakit lain. Cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat bisa dengan mudah Anda lakukan yaitu dengan konsumsi buah dan sayur.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here