Cara Menggunakan New Pcare BPJS Kesehatan Go Id

1
700
langkah cara menggunakan new pcare BPJS Kesehatan

Tips cara menggunakan new Pcare BPJS di http new pcare bpjs kesehatan go id pcarePrimary Care BPJS Kesehatan atau Pcare adalah salah satu layanan berbentuk aplikasi yang memberikan kemudahan kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). FKTP ini misalnya puskesmas, klinik, laboratorium rujukan peserta.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk pengajuan pengobatan, permintaan rujukan, atau pun untuk pendaftaran pasien (daftar menjadi peserta baru FKTP atau pindahan dari FKTP lain)

Aplikasi ini dapat diunduh di browser di laptop atau Google Play Store untuk pemakaian smartphone. Proses pengunduhan tidak dikenakan biaya. Dalam proses pendaftaran peserta disarankan untuk melakukan proses daftar secara offline di kantor-kantor BPJS terdekat. Setelah ini, barulah dapat melakukan akses data-data pribadi sebagai peserta BPJS Kesehatan sewaktu mengunjungi fasilitas kesehatan.

Aplikasi New Pcare BPJS Kesehatan

Aplikasi ini belum bekerja secara umum. Hanya user tertentu yang bisa memanfaatkan layanan Pcare ini. Fasilitas kesehatan yang secara resmi melewati proses pendaftaran ke BPJS dan telah mendapatkan user name dan password lah yang mampu melakukan akses ini.

Aplikasi ini menyediakan berbagai kemudahan melalui menu-menu yang tersedia. Beberapa menu dan fitur yang ada sperti: informasi tentang tagihan, prosedur pendafaran peserta BPJS Kesehatan jenis instansi ataupun mandiri perseorangan, dan Pencarian serta penyaringan fasilitas kesehatan yang terdekat.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, para peserta BPJS bisa memperoleh bermacam kemudahan misalnya langkah pendaftaran yang lebih praktis, terintegrasinya data-data mengenai pasien, penegakan diagnosis yang lebih cepat dan tepat, dan rujukan yang lebih simpel dan mudah.

Bagaimana Cara Menggunakan New Pcare BPJS Kesehatan ?

  • Buka situs resmi BPJS lalu masuk ke direktori Pcare. Untuk lebih mudahnya klik tautan ini: https new pcare bpjs kesehatan go id pcare login. Bila menggunakan aplikasi unduh terlebih dahulu aplikasi Pcare di google playstore.
  • Masukkan username dan password yang sudah didapatkan setelah selesai proses registrasi.
  • Setelah berhasil masuk, Anda akan temukan halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan. Halaman ini memuat indeks tentang pasien.
  • Pilihlah fitur pelayanan.
  • Di bagian menu ini akan diberikan dua pilihan, yaitu pendaftaran dan pelayanan.
  • Pendaftaran ini berguna untuk pasien yang akan berobat. Silahkan lalukan pendaftaran pasien dengan mengisikan nomor BPJS nya lalu tekan “Cari”. Bilamana pasien adalah pasien yang terdaftar di FKTP Anda maka identitas tentang pasien akan muncul.
  • Isikan bagian yang kosong seperti jenis kungungan, keluhan, hasil pemeriksaan fisik, nilai tekanan darah, dan lain sebagainya.
  • Tekan menu “Simpan” lalu kembali ke entri data.
  • Di entri data pilihlah kembali menu pelayanan. Di bagian ini, isilah bagian yang kosong, misalnya diagnosis dan terapi.
  • Setelah itu klik menu simpan dan proses entri data pasien Anda telah selesai.
  • Anda akan dapat melihat data-data pasien yang mengunjungi fasilitas kesehatan Anda, seperti jenis dan jumlah kunjungan, jenis kegiatan, daftar sepuluh penyakit tersering, dan lain-lain.
  • DI menu “Tools”, Anda bisa melakukan pergantian password aplikasi Anda. Selain itu, di menu ini juga Anda bisa masuk ke LUPIS BPJS untuk mengetahui dan melakukan pengeditan terhadap jumlah pekerja di FKTP Anda.
  • Anda dapat keluar aplikasi dengan menekan menu “Log out” atau “Keluar”.

Nah, itu tadi tips bagaimana cara menggunakan new Pcare BPJS Kesehatan yang terbaru. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here