Kode ICD 10 Hiperpireksia (Hyperpyrexia)

kode icd 10 hiperpireksia

Para koder banyak yang tanya berapa kode ICD 10 hiperpireksia. Mereka bingung karena karena kode fever lah yang banyak berserakan. Nah, untuk itu kali ini kami akan membahas tentang kode diagnosis Pcare BPJS Kesehatan atau di rumah sakit untuk keadaan medis hiperpireksia (hyperpyrexia). Diharapkan artikel ini dapat membantu.

Kondisi ini memang jarang dituliskan sebagai diagnosis oleh dokter. Oleh sebab itu, wajar sih bila para koder kebingungan. Namun, ada suatu ketika dokter masih mencari penyebab dari keadaan ini sehingga membuat diagnosis sementara sebagai hiperpireksia.

Kode ICD 10 Hiperpireksia

Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya terlebih dahulu memahami secara singkat tentang apa itu hiperpireksia ini.
Definisi dan Pengertian
Hiperpireksia adalah keadaan medis dimana tubuh seseorang mengalami kenaikan suhi hingga mencapai lebih dari 41,1 derajat celsius atau setara dengan 106 derajat farenheit. Pengukuran suhu dapat dilakukan pada area mulut, ketiak, ataupun rektum.

Penyebab
Paling banyak penyebab hiperpireksia adalah karena penyakit infeksi. Setelah itu, keadaan ini biasanya disebabkan penyakit kolagen, tumor, gangguan metabolik, akibat prosedur medis, dan berbagai penyakit lainnya.

Agen penyebab di atas akan meningkatkan set point di hipotalamus di bagian otak, merusak kontrol pengatur suhu badan, atau meningkatkan produksi panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan proeses pengeluaran panas. Risiko hiperpireksia akan semakin meningkat bila suhu lingkungan ternyata lebih panas bila dibandingkan suhu badan sehigga menghambat kelancaran proses pengeluaran panas.

Pengobatan Hiperpireksia
Ada 3 unsur penting dalam prinsip pengobatan keadaan hiperpireksia ini, yaitu:

• Menurunkan suhu badan secara simptomatis, yang dapat dilakukan dengan cara memberikan kompres hangat dan obat pereda panas.
  • Menjalankan manajemen terapi penunjang.
  • Mencari agen penyebab penyakit dan memberikan pengobatan bersifat kausatif.

Kode Diagnosis Pcare BPJS Kesehatan Untuk Hiperpireksia dari ICD 10

Keadaan medis hiperpireksia secara umum digolongkan kepada demam tidak spesifik (fever; unspecified). Oleh karena itu, kode nya adalah R50.9.
Untuk lebih jelasnya lihat secara lengkap pada tautan di bawah ini.
> Kode ICD 10 febris lengkap.

Mungkin kebanyakan para koder tidak menyadarinya. Wajar saja mengingat dalam ICD10Data semua yang berada di atas 37,5 derajat celsius dianggap sebagai demam, tanpa menentukan batas maksimalnya.

Namun, untuk beberapa keadaan tertentu, kondisi hiperpireksia ini dapat digolongkan pada kode lainnya, yaitu:
Malignant hyperpyrexia due to anesthesia; malignant hyperthermia yang berarti hiperpireksia maligna karena anestesi; hipertermia maligna. Dimana kode ICD nya adalah T88.3

Nah, itu tadi penomoran kode untuk demam yang lebih tinggi dari biasanya. Mudah-mudahan tulisan ini membantu para koder semuanya.

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.