Gejala Serangan Jantung Khas Yang Perlu Dipahami

gejala serangan jantung

Gejala serangan jantung adalah keluhan yang timbul sebagai akibat dari adanya iskemia (kurang suplai darah) atau infark (kerusakan) pada otot-otot jantung. Iskemia dan infark ini biasanya diakibatkan oleh permasalahan pada pembuluh darah jantung atau yang lebih dikenal sebagai pembuluh koroner.

Tanda serangan jantung umumnya berupa nyeri dada yang dirasakan di bagian belakang tulang dada. Sebagai orang awam, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang gejala ini. Yuk simak di bawah ini agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih mumpuni dibandingkan awam lainnya.

Tanda dan Gejala Serangan Jantung

Untuk memahami bagaimana ciri ciri gejala serangan jantung yang khas itu, cukup ingat saja singkatan PQRST! Apa itu? Yuk simak penjelasannya di bawah.

Ingat Gejala Serangan Jantung, Ingat PQRST

P adalah singkatan dari Pain
Pain memiliki arti nyeri. Nyeri yang dirasakan umumnya berasal dari belakang tulang dada sehingga sering disebut sebagai nyeri dada (atau dalam bahasa medis disebut angina pektoris).

Q ialah singkatan dari Quality
Quality berarti bagaimana kualitas dan deskripsi dari nyeri dada tersebut. Sakit dada yang dirasakan memiliki derajat hebat. Pasien akan merasa dadanya seperti dihimpit beban yang sangat berat, ditekan, diremas-remas, perasaan panas, sesak nafas, hingga penuh di bagian dada.

Perlu Anda pahami bahwasanya terkadang muncul nyeri dada, sesak nafas, dan dada terasa penuh dengan derajat yang ringan. Nyeri seperti ini biasanya diakibatkan oleh penyakit gastritis (radang lambung atau maag). Jarang sekali nyeri dada yang mempunyai derajat ringan disebabkan oleh serangan jantung kecuali angina equivalent.

Dalam PQRST ada Angina Equivalent, Hati-Hati!

Angina equivalent termasuk bagian dari masalah pada jantung. Untuk menegakkannya diperlukan bantuan alat diagnostik elektrokardiogram (EKG). Oleh karena itu, bila Anda merasakan nyeri dada dan memiliki riwayat keluarga mengalami serangan jantung, tetapi Anda tidak memiliki riwayat penyakit maag maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

R adalah singkatan dari Radiance
Radiance berarti penjalaran. Biasanya nyeri dada tidak dapat dilokalisir oleh pasien. Sakit yang terjadi pada serangan jantung akan dirasakan menjalar ke lengan bagian kiri. Selain itu, sakit juga dapat menjalar ke area bahu, punggung, ulu hati, bagian leher (leher dirasakan seperti tercekik), atau rahang bagian bawah.

Penjalaran nyeri dada ke area ulu hati seringkali dianggap sebagai penyakit maag. Pasien lebih memilih meminum obat maag ketimbang melakukan pemeriksaan diri ke fasilitas kesehatan. Alhasil banyak kejadiaan henti jantung yang disangka sebagai penyakit maag akut.

S ialah singkatan dari Systemic
Systemic berarti sistemik (meliputi keseluruhan organ). Ini bermakna bahwa selain gejala nyeri dada, pasien juga merasakan tanda umum lainnya seperti mual yang dapat disertai muntah dan keringat dingin.

T adalah singkatan dari Time
Time berarti waktu. Nyeri dada yang dirasakan pada serangan jantung haruslah berlangsung lama. Jadi, bukanlah sakit yang hanya sesaat saja. Para ahli menyimpulkan bahwa nyeri dada yang termasuk ciri ciri serangan jantung adalah nyeri yang berlangsung selama lebih dari 20 menit.

Sudah Memahami Gejala Serangan Jantung dan Cara Mengatasinya Bagaimana?

Bila Anda menemukan seseorang yang mengalami sakit pada dada sesuai dengan penjelasan PQRST di atas maka segera lakukan beberapa hal di bawah ini.

• Tetap tenang dan jernihkan pikiran.
  • Panggil bantuan.
  • Tenangkan dan amankan posisi orang tersebut. (Individu yang mengalami serangan jantung akan cendrung panik dan takut. Oleh karena itu, upayakan untuk membuatnya tetap tenang dan menjaganya dari gangguan lingkungan sekitar).
  • Berikan tablet aspirin sebanyak 2 sampai 4 tablet kepadanya sambil membawanya ke instalasi gawat darurat terdekat. (Biasanya mereka yang telah pernah mengalami serangan jantung akan memiliki persediaan obat di kantung atau tasnya. Anda dapat membantu memberikan obat tersebut kepadanya).

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang gejala serangan jantung. Pengetahuan seputar hal ini akan meningkatkan kewaspadaan Anda dalam menilai dan melakukan tindakan lebih lanjut bila menemukan kasus serangan jantung. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber: Buku Ajar Kursus Bantuan Hidup Jantung Lanjut

1 KOMENTAR