Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol dan Penyakit Jantung

0
67
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol
Jenis Makanan Gorengan Harus Dihindari

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol dan penyakit jantung wajib untuk Anda ketahui. Terlebih bagi Anda yang kini sedang menderita kedua penyakit tersebut. Kolesterol tinggi merupakan keadaan dimana lemak berlebih mengendap di dalam darah. Kondisi inilah yang menjadi penyebab sakit jantung.

Kolesterol didapatkan dari makanan yang dikonsumsi dan diproduksi pada organ hati. Dalam tubuh manusia terdapat dua macam kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol yang sering menyebabkan penyakit komplikasi seperti penyakit jantung adalah kolesterol jahat (LDL).

Sakit jantung bisa menyerang siapa saja baik wanita maupun pria, namun penyakit ini lebih rentan menyerang pria dengan usia diatas 40 tahun. Untuk mencegah penyakit ini maka hendaknya Anda selalu mengutamakan pola hidup sehat dengan cara konsumsi makanan bergizi seimbang, serta melakukan olahraga secara teratur.

Jenis Pantangan Makanan Untuk Penderita Kolesterol dan Penyakit Jantung

Lemak pada tubuh manusia memang memiliki peranan penting, akan tetapi jika jumlahnya berlebihan maka bisa menyebabkan berbagai penyakit. Berikut ini contoh makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung:

Gorengan
Menggoreng makanan menggunakan margarin maupun minyak goreng akan menyebabkan kolesterol yang terkandung pada makanan tersebut semakin tinggi. Terlebih minyak yang digunakan merupakan minyak jelantah yang telah berwarna hitam pekat. Jika Anda menderita kolesterol atau penyakit jantung, maka Anda harus menghindari makanan gorengan seperti mendoan, martabak telur bakwan dan lain sebagainya.

Makanan mengandung lemak jenuh
Kornet, sosis, minyak goreng dan santan kelapa merupakan contoh makanan yang mengadung lemak jenuh. Lemak jenuh akan mengakibatkan gangguan penyakit serta menyebabkan kolesterol Anda semakin tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengganti sumber lemak jenuh tersebut dengan makanan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun.

Lemak Trans
Jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol dan penyakit jantung ialah lemak trans. Lemak tersebut biasanya dijumpai pada minyak yang sudah dipadatkan seperti mentega dan minyak kelapa. Sehingga sebisa mungkin hindari mengolah makanan dengan kedua jenis sumber lemak trans tersebut. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan margarin yang bebas lemak trans.

Jeroan
Pantangan makanan selanjutnya adalah jeroan. Hindari konsumsi jeroan sapi, ayam otak, usus dan juga ampela. Makanan tersebut dapat memicu kolesterol dalam darah meningkat serta dapat memperparah penyakit jantung yang Anda derita. Akan lebih baik, jika Anda memilih jenis daging tanpa lemak yang lebih sehat.

Makanan Rekomendasi Untuk Penderita Kolesterol dan Penyakit Jantung

Terdapat beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita kolesterol dan penyakit jantung, yaitu sebagai berikut:

Sayuran hijau
Penderita kolesterol dan jantung disarankan untuk konsumsi sayuran hijau setiap harinya. Jenis sayuran tersebut seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi. Sayuran tersebut kaya akan vitamin K, mineral serta antioksidan sehingga dapat mencegah pembekuan darah dan juga melindungi arteri jantung.

Biji-bijian utuh
Biji-bijian yang masih utuh seperti gandum utuh, gandum hitam, beras merah, dan quinoa kandungan seratnya sangat tinggi. Makanan ini bagus untuk kesehatan jantung sekaligus rendah lemak, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Tomat
Tomat mengandung likopen dengan antioksidan tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, likopen diklaim mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, maka hendaknya melakukan tes darah. Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung pemeriksaan secara rutin perlu dilakukan, guna memantau perkembangan kesehatan Anda. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang harus dihindari penderita kolesterol dan penyakit jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here