Kode ICD 10 Tonsilitis Kronis

kode icd 10 tonsilitis kronis

Kali ini kami akan berbagi info nomor kode icd 10 tonsilitis kronis. Ini penyakit yang cukup sering ditemukan di bagian anak atau THT. Yuk di simak.

Nomer Kode ICD 10 Tonsilitis Kronis

Sebagaimana biasanya, mari kita kenal secara singkat tentang penyakit ini. Selain untuk menambah dan menyegarkan ilmu pengetahuan, ini juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi proses penegakan diagnosis.

Tonsilitis kronis adalah suatu keadaan dimana terjadi peradangan pada amandel yang diderita dalam waktu lama, yaitu kira-kira lebih dari 2 minggu. Individu yang mengalami tonsilitis kronis akan sering menderita gejala yang kambuh. Biasanya dibutuhkan penanganan medis untuk mencegah kekambuhan. Dokter akan menyarankan prosedur operasi pengangkatan amandel bila gejela sangat sering kambuh.

Peradangan tonsil ini akan bermula bilamana agen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri menyerang amandel. Proses infeksi ini akan menyebabkan peradangan. Peradangan yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu disebut dengan tonsilitis akut. Sementara itu, seperti dikatakan di atas bila lebih dari 2 minggu maka disebut dengan tonsilitis kronis.

Penyebab dan Gejala Tonsilitis Kronis

Pada penyakit ini, infeksi dan peradangan akan berlangsung lama dan bersifat kambuhan. Lama-kelamaan, peradangan akan mengakibatkan pembentukan batu amandel yang isinya adalah bakteri. Batu amandel ini memiliki bau yang busuk.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko berulangnya infeksi, antara lain:

• Sering merokok.
  • Keadaan cuaca dan iklim.
  • Pengobatan yang tidak tepat, misalnya riwayat pengobatan dengan antibiotik yang tidak tuntas.
  • Keadaan higienitas mulut yang tidak terawat.
  • Imunitas yang lemah.

Proses peradangan dan infeksi yang lama akan menimbulkan pembesaran amandel sehigga menunjukkan gejala seperti di bawah ini, yaitu:

• Nyeri pada tenggorokan dalam waktu lama. Nyeri dapat menjalar ke bagian telinga karena tonsilitis kronis yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan penyakit infeksi telinga tengah.
  • Mulut berbau.
  • Dengkuran ketika tidur yang disebabkan oleh besarnya amandel.

Penomoran Kode Diagnosis ICD 10 Penyakit Tonsilitis Kronik

Berikut ini daftar kode ICD X penyakit tonsilitis kronik

• J35 Chronic diseases of tonsils and adenoids (Penyakit kronis pada kelenjar tonsil dan adenoid)
  • J35.0 Chronic tonsillitis and adenoiditis (tonsilitis dan adenoiditis kronis)