Kode ICD 10 Vertigo

kode icd 10 vertigo
Daftar rincian diagnosa kode ICD 10 vertigo

DRZUHDY.COM – Hai para kode sekalian. Kami akan berbagi daftar rincian kode ICD 10 vertigo atau pusing berputar. Diagnosis penyakit ini cukup sering dibuat di FKTP dan rumah sakit. Oleh karena itu, kode ICD X vertigo cukup penting untuk entri Pcare BPJS Kesehatan dan INA CBGs.

Daftar Kode ICD 10 Vertigo

Nah, seperti artikel kode sebelumnya; kami akan menyampaikan terlebih dahulu informasi singkat tentang penyakit ini sebelum membagikan kode ICD 10 nya. Mudah-mudahan menambah wawasan para koder sekalian.

Pengertian Vertigo

Definisi vertigo adalah suatu keadaan dimana penderita mengalami keluhan pusing sehingga merasakan dirinya sendiri atau lingkungan di sekitar nya berputar-putar. Orang yang menderita penyakit vertigo memiliki derajat keparahan gejala yang berbeda-beda. Penyakit ini bisa dialami seseorang dalam hitungan menit hingga jam. Bila pusing dirasakan terlalu berat maka bisa sampai membuat penderita nya terjatuh.

Tanda dan Gejala Vertigo

Pusing berputar adalah gejala khas dan utama dari penyakit ini. Namun, selain itu ada juga gejala lain yang mungkin menyertai, yaitu:

• Mual hingga muntah.
  • Gerakan bola mata menjadi tidak normal (dalam istilah medis disebut nistagmus).
  • Keluar keringat berlebihan.
  • Dapat muncul gangguan atau kehilangan pendengaran.
  • Tinnitus (telinga berdenging).

Penyakit vertigo ini membutuhkan terapi dan tatalaksana yang bersifat segera. Bila tidak, keadaan bisa bertambah parah dan menimbulkan bahaya bagi pasien. Pasien direkomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter bilamana muncul gejala dan tanda di bawah ini:

• Anggota tubuh atau gerak menjadi lemah.
  • Penglihatan blur atau membayang.
  • Sulit untuk berbicara.
  • Gerakan mata menjadi sangat tidak normal.
  • Respon menjadi lambat.
  • Susah untuk berjalan atau mengangkat kaki.
  • Demam.

Faktor Risiko dan Penyebab Vertigo

Penyakit pusing berputar ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam keadaan seperti di bawah ini, yaitu:

• Migrain
  • Stroke
  • Penyakit Parkinson
  • Tumor pada otak
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman mengandung alkohol.

Nomer List Kode ICD X Vertigo

Nah, setelah kita mengetahui secara singkat tentang penyakit ini, berikut ini kode ICD 10 vertigo dan kode diagnosis yang berkaitan dengan penyakit ini.

Diagnosis Bahasa InggrisKode ICD 10Diagnosa Bahasa Indonesia
Benign paroxysmal vertigoH81.1Vertigo paroksismal jinak
Benign paroxysmal vertigo unspecified earH81.10Vertigo paroksismal jinak pada telinga tidak spesifik
Benign paroxysmal vertigo right earH81.11Vertigo paroksismal jinak pada telinga kanan
Benign paroxysmal vertigo left earH81.12Vertigo paroksismal jinak pada kedua telinga
Benign paroxysmal vertigo bilateralH81.13Vertigo paroksismal jinak pada telinga kiri

Other peripheral vertigoH81.3Vertigo perifer lainnya
Aural vertigoH81.31Vertigo dengan aura
Aural vertigo right earH81.311Vertigo dengan aura pada telinga kanan
Aural vertigo left earH81.312Vertigo dengan aura pada telinga kiri
Aural vertigo bilateralH81.313Vertigo dengan aura pada kedua telinga
Aural vertigo unspecified earH81.319Vertigo dengan aura pada telinga tidak spesifik
Other peripheral vertigoH81.39Vertigo perifer lainnya
Other peripheral vertigo right earH81.391Vertigo perifer lainnya pada telinga kanan
Other peripheral vertigo left earH81.392Vertigo perifer lainnya pada telinga kiri
Other peripheral vertigo bilateralH81.393Vertigo perifer lainnya pada kedua telinga
Other peripheral vertigo unspecified earH81.399Vertigo perifer lainnya pada telinga tidak spesifik

Vertigo of central originH81.4Vertigo sentral

Kode Diagnosis Lainnya Yang Berhubungan Dengan Vertigo

Diagnosa Bahasa InggrisKode ICD 10Diagnosis Bahasa Indonesia
Epidemic vertigoA88.1Vertigo epidemik
Vertigo from infrasoundT75.23Vertigo dari infrasound
Vertigo from infrasound initial encounterT75.23XAVertigo from infrasound initial encounter
Vertigo from infrasound subsequent encounterT75.23XDVertigo from infrasound subsequent encounter
Vertigo from infrasound sequelaT75.23XSVertigo dari sekuel infrasound

Nah, itu tadi list rincian kode diagnosis vertigo untuk penyakit pusing berputar atau vertigo. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi pembaca khususnya koder sekalian.

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.