Kode ICD 10 CHF Exacerbation

Kode ICD 10 CHF Exacerbation
Rincian Kode Diagnosis ICD 10 CHF Exacerbation

Berikut ini adalah kode ICD 10 CHF exacerbation. Kami juga membagikan informasi seputar penyakitnya.

Rincian Kode Diagnosis ICD 10 CHF Exacerbation

Kode ICD 10 untuk eksaserbasi gagal jantung kongestif (Congestive Heart Failure – CHF) adalah I50.9, yang digunakan untuk menunjukkan kondisi gagal jantung dengan overload cairan tanpa perlu mengkodekan overload cairan secara terpisah dalam kategori E87 ICD 10.

Hal ini penting untuk menghindari penolakan klaim dengan diagnosis yang tidak dapat diterima karena penggabungan diagnosis. Selain itu, kode ICD 11 untuk eksaserbasi CHF adalah BD10, meskipun sistem ICD 11 belum menyediakan kode terpisah untuk kondisi eksaserbasi gagal jantung​​.

Simak Juga : Kode ICD 10 CHF NYHA Class 2

Penyakit jantung kongestif (CHF) adalah sindrom klinis yang kompleks yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang mempengaruhi struktur atau fungsi ventrikel jantung. Hipertensi, misalnya, adalah penyebab utama CHF, bahkan tanpa adanya penyakit arteri koroner atau penyakit jantung iskemik. Tekanan darah tinggi menyebabkan stres mekanis yang meningkatkan massa ventrikel.

Simak Juga : Kode ICD 10 CHF NYHA Class 3

Cardiomyopathy, yang merupakan kelompok penyakit heterogen yang ditandai dengan ventrikel yang membesar dengan fungsi yang terganggu, dapat berkontribusi terhadap CHF melalui berbagai mekanisme, termasuk faktor genetik dan nongenetik seperti diabetes, paparan toksik, atau kehamilan​​.

Faktor risiko lainnya termasuk miokarditis akibat infeksi virus, penyakit infiltratif seperti amiloidosis jantung, dan kondisi seperti hemokromatosis kardial. Kardiomiopati stres atau sindrom patah hati juga diakui sebagai penyebab CHF, dengan kasus yang meningkat selama pandemi COVID-19.