Manfaat Calcium Lactate untuk Ibu Hamil Perlu Diperhatikan

0
131
Manfaat Calcium Lactate Untuk Ibu Hamil

Manfaat calcium lactate untuk ibu hamil harus dipahami dengan benar, agar tidak terjadi kekeliruan pada dosis saat penggunaanya. Calcium Lactate adalah sebuah obat atau suplemen yang bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi berbagai kadar kalsium yang rendah.

Kandungan yang terdapat didalamnya, dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung. Tapi, juga berguna agar orang-orang yang mengalami penyakit rakitis, osteoporosis.

Manfaat calcium lactate untuk janin juga bisa menjadi pertimbangan dalam mengonsumsinya. Calcium Lactate sendiri sangat berguna dalam mengoptimalkan pertumbuhan saraf, hati dan otot pada janin. Dengan begitu, janin akan tumbuh lebih kuat dan sehat sampai kelahirannya.

Pada umumnya, calcium lactate dikonsumsi oleh anak sampai ibu menyusui dan lansia. Ibu hamil dianjurkan agar mengonsumsinya, agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Perlu menjadi perhatian, jika kekurangan kalsium, akan berbahaya bagi ibu dan janinnya.

Baca Juga : Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Yakult ?

Manfaat Calcium Lactate untuk Ibu Hamil

Perlu menjadi catatan, manfaat calcium lactate bagi ibu hamil bisa juga mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. Preeclampsia merupakan gangguan pada tekanan darah yang biasanya menganggu sistem kerja organ. Pada kasus ini, tekanan darah harus diperhatikan.

Setiap hal, mempunyai manfaat dan risikonya. Ada baiknya, jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai dosis kalsium yang dibutuhkan. Sebab, tidak semua pasien yang sedang hamil atau sakit, yang bisa menerima dosis sesuai dengan ketentuan yang biasanya.

Selain manfaat calcium lactate untuk ibu menyusui terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan harus diperhatikan dosisnya agar tidak over dan tetap sesuai dengan ketentuan dokter. Sumber kalsium sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan bergizi.

Kalsium lactate, bisa ditemukan pada makanan kemasan, seperti selai, jeli, mentega dan margarin, serta buah dan sayuran kaleng. Biasanya kalsium terbentuk masuk dalam ingredients yang mempunyai kode sendiri yaitu E327.

Anda juga bisa menemukan kalsium tersebut melalui suplemen terpercaya, yang bisa didapatkan melalui apotik atau supermarket terdekat. Kalsium lactate cenderung memberikan kadar yang lebih kecil dari bentuk kalsium yang lainnya, seperti sitrat atau karbonat.

Manfaat calcium lactate untuk ibu hamil perlu menjadi perhatian khusus. Sebab, seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang, untuk perkembangan janin dan otot-ototnya, serta menunjang kesehatan pada masa kehamilan tersebut.

Pada butiran suplemen tersebut, biasanya berukuran lebih besar untuk menghasilkan dosis yang setara dengan bentuk lainnya. Untuk Anda yang sulit menelan obat, bisa diganti dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung kalsium tersebut.

Baca Juga : Folamil Genio Untuk Ibu Hamil Berapa Bulan

Dosis Penggunaan Suplemen yang Perlu Diketahui

Perlu diketahui bersama, mengonsumsi suplemen kalsium lactate yang berlebihan dapat mengakibatkan hiperkalsemia. Hal tersebut bukan hanya berbahaya untuk ibunya, tapi juga berbahaya bagi bayinya. Kondisi tersebut, biasanya ditandai oleh masalah ginjal dan jantung.

1. Dosis Normal Dewasa

Dosis asupan kalsium yang dianjurkan adalah maksimal 2,500 mg per harinya untuk orang dewasa yang usianya dibawah 50 tahun dan juga ibu hamil atau yang sedang menyusui. Berbeda dengan yang berusia diatas 50 tahun, membutuhkan 2000mg perharinya.

2. Dosis Normal Remaja

Jika Anda masih pada tahap remaja, yaitu dibawah 19 tahun. Maka, maksimal dapat mengonsumsi 3000 mg per harinya. Dosis tersebut adalah yang dianjurkan oleh dokter yang sudah berpengalaman. Anda bisa konsultasi lagi, secara pribadi.

Manfaat calcium lactate untuk ibu hamil perlu dipahami, karena dapat sangat berguna bagi ibu hamil, menyusui dan orang-orang yang sedang sakit tertentu.

Baca Juga : Tolak Angin Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini