Beranda Asam Lambung Cara Mengatasi Asam Lambung Obat Tradisional Asam Lambung Kunyit, Benarkah?

Obat Tradisional Asam Lambung Kunyit, Benarkah?

0
189
obat tradisional asam lambung kunyit
Gambar kunyit yang sudah ditumbuk

Mungkin Anda juga bertanya apakah benar obat tradisional asam lambung kunyit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan membahas mengenai hal itu. Silahkan di simak di bawah ini.

Kunyit memiliki banyak khasiat keseahatan alternatif sejak ribuan tahun. Banyak orang menggunakannya untuk mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan, termasuk masalah pada saluran pencernaan.

Salah satu gangguan pada pencernaan ada pada organ lambung. Terlalu berlebih jumlah asam lambung akan menyebabkan penyakit asam lambung atau sering dikenal dengan GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Kebenaran Obat Tradisional Asam Lambung Kunyit

Banyak orang yang menganggap bahwa kunyit dapat menyembuhkan penyakit asam lambung atau GERD ini. Mari kita simak kebenarannya di bawah ini.

Walaupun banyak penelitian yang menggali manfaat kandungan kunyit dan hasil ekstraknya yaitu kurkumin, namun belum ada yang khusus dan fokus membahas hubungannya dengan refluks asam lambung naik.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2007, bahwa penyakit asam lambung atau GERD dapat disebabkan oleh proses inflamasi (peradangan) dan stres oksidatif. Penelitian ini memberikan saran bahwa pengobatan asam lambung naik ini hendaknya menggunakan agen antioksidan dan antiinflamasi. Di sini tidak dijelaskan apa pilihan anti oksidasi dan anti peradangannya.

Penelitian lainnya yang dilaksanakan pada tahun 2011, menunjukkan bahwa kurkumin juga berperan sebagai agen antiinflamasi yang dapat mencegah proses inflamasi di esofagus atau kerongkongan. Oleh karena alasan ini, penyakit GERD dianggap bisa diredakan dengan bantuan kunyit. Studi ini lebih spesifik menjelaskan manfaat kunyit dan kurkumin untuk proses peradangan pada penyakit asam lambung naik.

Dukungan penelitian lain juga ada yaitu yang dilaksanakan di tahun 2019. Studi ini mendukung bahwa kurkumin juga mempunyai lakon sebagai anti peradangan, anti oksidan, dan juga anti tumor. Ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kurkumin akan memberikan perlindungan dari kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat-obat anti peradangan non steroid (OAINS) dan agen berbahaya lainnya. Selain itu juga mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan tukak, menyembuhkan tukak, dan menghentikan pertumbuhan sel kanker di saluran cerna.

Tips Cara Menggunakan Kunyit Untuk Asam Lambung Naik

Nah, itu tadi beberapa laporan hasil penelitian yang kami temukan terkait dengan kegunaan kunyit untuk GERD. Memang belum secara khusus disebutkan, akan tetapi dari studi tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa kunyit memang berperan dalam terapi alternatif asam lambung naik.

Kunyit adalah tanaman herbal yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari. Penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari juga sudah lumrah. Oleh karena itu, secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa penggunaannya tidak harus seketat obat kimia yang dapat mendatangkan bahaya bila dosisnya terlalu berlebihan.

Bagaimana Cara Mengambil Manfaat nya?
Kunyit bisa ditumbuk dan dikeringkan sehingga menjadi bentuk bubuk. Bubuk ini dapat langsung dikonsumsi atau dicampur bersamaan dengan masakan. Anda harus mengkonsumsi banyak kunyit untuk mendapatkan efek pengobatannya. Tidak akan cukup hanya mengandalkan sepotong atau dua potong di dalam menu yang Anda masak.

Mengapa? Hal ini dikarenakan kunyit dan kurkumin tidak terlalu bagus diserap oleh usus. Banyak metode yang dilakukan untuk meningkatkan penyerapan ini. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsinya bersamaan dengan piperine (senyawa alkaloid yang berasal dari eksrak biji lada).

Konsumsi kunyit sangat baik bersamaan dengan lada. Tidak jarang produk olahan kunyit ini dijual di pasaran dipadukan dengan lada. Dalam menu masakan sehari-hari juga harus diusahakan memadukan kedua tanaman herbal ini agar manfaatnya cepat didapat.

Selain dicampur bersamaan dengan makanan, Anda juga bisa menyajikan kunyit menjadi teh hangat. Ini tentunya akan nikmat sekali. Khasiat didapatkan berbarengan dengan mood dan nyantainya minum teh. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Baca juga: Penyakit asam lambung dan maag pelan tapi mematikan

Sumber:
https://www.healthline.com/health/digestive-health/turmeric-acid-reflux#turmeric
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2291500/
http://www.altmedrev.com/publications/16/2/116.pdf
https://www.mdpi.com/1422-0067/20/6/1477
https://www.drzuhdy.com/

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here