Makanan Pereda Asam Lambung Naik

makanan pereda asam lambung naik
Nyeri perut akibat asam lambung naik

Pilihan makanan bagi penderita asam lambung tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan beberapa makanan dapat mencetuskan asam lambung naik. Namun, ternyata ada juga makanan pereda asam lambung naik. Jadi, silahkan kombinasikan seefektif mungkin untuk kesehatan lambung.

Banyak artikel yang menjelaskan tentang berbagai jenis makanan yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Beberapa diantaranya seperti coklat, makanan dengan kandungan lemak tinggi, makanan yang pedas dan asam, tomat, bawang, dan lain-lain.

Menu Makanan Pereda Asam Lambung Naik

Untuk mengimbangi informasi tersebut, kami akan merincikan beberapa pilihan makanan yang justru dapat menetralisir asam lambung Anda. Pilihan makanan ini dapat dijadikan menu praktis pencegahan asam lambung atau cara pengobatan awal penyakit maag. Adapun jenis makanan tersebut, antara lain:

Oatmeal
Oatmeal adalah makanan olahan yang berasal dari gandum. Makanan ini kaya akan serat sehingga baik untuk penderita penyakit asam lambung. Dengan keberadaan serat ini maka asam lambung akan diserap oleh serat sehingga mengurangi risiko refluks saat makan.

Selain itu, serat ini akan membuat lambung terasa penuh dan merasakan kenyang yang lebih lama. Dengan begitu pola makan Anda lebih terkontrol. Berat badan akan lebih mudah untuk dikendalikan sehingga salah satu faktor risiko penyakit asam lambung yaitu obesitas juga bisa dihindari.

Jahe
Bahan rempah ini dikenal khasiatnya membuat badan menjadi lebih hangat. Namun, perlu Anda ketahui bahwasanya tanaman ini juga bisa mengurangi risiko peningkatan asam lambung. Mengapa? Hal ini dikarenakan jahe mempunyai komposisi yang berguna sebagai antiradang. Kandungan ini bisa mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Lidah Buaya
Lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu seringkali dipergunakan khalayak ramai melalui pemakaian topikal langsung atau pun dibuat dalam bentuk minuman. Perlu Anda ketahui bahwasanya tumbuhan ini juga bermanfaat pada penderita gejala refluks asam lambung.

Berdasarkan penelitian ini, dikatakan bahwa jus aloe vera sangat aman dan efektif untuk pengobatan gejala asam lambung naik. Ini adalah jenis pengobatan tradisional yang hampir tanpa efek samping bila digunakan sesuai aturan. Tanaman ini akan mengurangi produksi asam lambung dan bertindak sebagai agen antiinflamasi di lambung.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau semisal brokoli, kembang kol, kentang, timun, buncis, dan lain-lain mempunyai komposisi yang dianggap mampu menurunkan kadar asam lambung. Sayuran dikenal memiliki banyak serat sehingga akan menyerap asam lambung yang telah diproduksi. Hal ini akan mengurangi gejala dan tanda yang diakibatkan oleh peningkatan asam lambung, semisal heartburn.

Namun, Anda harus hati-hati karena sayuran hijau atau makanan tinggi serat memiliki potensi menyebabkan kembung di usus (terutama usus besar, bukan di lambung). Hal ini disebabkan oleh terjadinya fermentasi di usus yang menghasilkan banyak gas. Oleh karena itu, jangan biasakan tidur setelah makan banyak serat, apalagi sfingter esofagus bagian bawah telah mengalami kelemahan. Hal ini juga dapat menyebabkan munculnya penyakit GERD.

Nah, itu tadi 4 jenis makanan yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung yang naik. Namun, penting untuk diingat bahwasanya makanan ini berbeda-beda dampaknya kepada setiap individu. Bila merasakan suatu masalah kesehatan akibat konsumsi makanan ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Sumber:
Emling, S. AARP (2017). 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms.