Urutan Jalannya Urine Adalah Mulai dari Ginjal Bagaimana?

0
269
Urutan jalannya urine adalah
Ilustrasi Ginjal

Sistem UrinariaDrzuhdy.com. Urutan jalannya urine adalah proses ekskresi yang dilakukan oleh ginjal dengan cara menyaring darah. Urin sendiri dikeluarkan oleh tubuh bersama zat sisa metabolisme dan racun lewat saluran kemih.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang mengenai organ ginjal pada manusia berjumlah dua bagian. Di dalamnya juga dibagi jadi tiga part utama yakni kulit (korteks), sumsum (medula) dan rongga (pelvis).

Jika sudah diproses di tiap bagiannya, maka urin akan dikeluarkan melalui saluran lain sampai ke kandung kemih. Di dalam kantung kencing tersebut, apabila jumlah tampungannya sudah banyak, maka dinding tertekan.

Nantinya akan membuat otot di pangkal kantung kemih jadi merenggang, karena alasan itulah seseorang merasakan ingin buang air kecil. Jadi Anda harus tahu bagaimana proses perjalanan urin dari ginjal.

Baca Juga : Cara Mengobati Sering Buang Air Kecil Terus Menerus

Urutan Jalannya Urine Adalah Berikut Ini

Urutan mengenai jalannya urin dari ginjal hingga keluar pada tubuh dimulai dari darah disaring dan dialirkan ke dalam ginjal lewat arteri renalis. Beberapa larutan yang tidak disaring akan keluar lewat vena.

Kemudian terjadi penyaringan darah dan masuk kapiler glomerulus. Di dalamnya ada air serta zat larut lain yang disaring dan menghasilkan urin primer kemudian nantinya akan masuk kapsula bowman.

Dalam urin primer beberapa zat bisa dipakai tubuh seperti gula, garam, air, serta asam amino. Nantinya zat tersebut akan lanjut jalan lewat tubulus proksimal hingga ke distal.

Ketika melalui jalur tersebut terjadi proses penyerapan kembali. Sisa cairan tersebut nantinya mengalami penambahan jumlah dari pembuluh kapiler di sekitar bagian tubulus distal, seperti racun, sisa obat, serta ion klorid.

Proses penambahan tersebut juga disebut sebagai augmentasi. Nantinya urine akan mengalir dalam pembuluh halus di saluran pengumpul dalam sumsum ginjal dan pembuluhnya bermuara di rongga ginjal.

Nantinya urin yang mengumpul dalam rongga ginjal akan mengalir lewat ureter ke kantung kemih. Dan tahapan terakhirnya urin akan keluar dari tubuh lewat saluran kencing atau uretra.

Beragam keluhan dapat dialami pada saluran pembentukan urin seperti batu ginjal, kanker, infeksi saluran kemih, dan lainnya. Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihannya dan melakukan gaya hidup yang sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini