Adakah Pantangan Saat Minum Milagros ?

0
96
pantangan saat minum milagros
Ilustrasi pantangan saat minum milagros. Gambar oleh: ktmain dari Pixabay Free License

Tulisan kali ini akan menjawab pertanyaan dari pembaca tentang pantangan saat minum milagros. Bila Anda bertanya hal serupa maka silahkan simak artikel di bawah ini.

Pertanyaan

Perkenalkan nama saya Alnita dan saya ingin bertanya Dok. Saya mengalami penyakit asam lambung karena saya sering merasakan dada dan ulu hati panas. Teman saya menganjurkan untuk minum milagros. Apakah minuman ini boleh saya minum Dok? Dan apakah ada pantangan saat minum milagros ini?

Jawaban

Terima kasih kami sampaikan kepada Bu Alnita yang telah mengajukan pertanyaan ke redaksi kami.

Milagros adalah salah satu merek minuman berjenis air alkali. Menurut situsnya di milagros.co.id, minuman ini memiliki derajat keasaman (pH) sebesar 9,8. Ini berarti menunjukkan bahwa minuman ini bersifat alkali karena nilai pH nya lebih dari 7.

Perihal milagros dapat mengobati asam lambung merupakan hal yang menimbulkan kontroversi karena ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hal-hal yang positif. Kami telah menguraikan sejumlah penelitian dan studi yang mendukung akan kegunaan milagros pada penyakit asam lambung. Anda bisa membacanya di sini: milagros vs asam lambung.

Pantangan Saat Minum Milagros

Kembali berdasarkan situs milagros.co.id, minuman ini memiliki komposisi air alkali dan antioksidan yang tinggi. Tidak ada senyawa atau kandungan yang bersifat zat pengobat sebagaimana obat-obat medis yang lain. Jadi menurut hemat kami, tidak ada pantangan khusus ketika minum minuman ini dan tidak ada laporan yang beredar di masyarakat tentang ketidakamanan minuman ini.

Namun, ada yang perlu Anda pahami tentang efek samping yang bisa saja terjadi pada sebagian orang. Penggunaan jangka panjang minuman ini dikaitkan dengan menurunnya kadar asam alamiah di lambung. Keadaan ini akan menyebabkan kemampuan lambung untuk membunuh bakteri dan agen infeksi lainnya yang masuk ke lambung melalui mulut mengalami penurunan. Tentunya hal ini akan meningkatkan kemungkinan agen penyebab infeksi ini masuk ke dalam darah.

Selain itu, kelebihan kadar basa di dalam tubuh bisa menyebabkan masalah pada pencernaan dan iritasi pada kulit. Kadar yang terlalu alkali akan mengganggu pH tubuh yang bisa menjurus kepada alkalosis metabolik. Keadaan alkalosis metabolik akan menyebabkan gejala, seperti:

  • Mual hingga muntah
  • Tangan gemeteran (tremor)
  • Otot berkedut
  • Kesemutan pada bagian wajah dan ekstremitas (tangan dan kaki)
  • Kebingungan

Kondisi alkalosis juga dapat menyebabkan penurunan kadar kalsium bebas di dalam tubuh. Tentunya hal ini akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan tulang. Namun, tidak perlu khawatir karena penyebab tersering hipokalemia bukan karena terlau banyak minum minuman alkali, tetapi karena terganggunya fungsi kelenjar paratiroid.

Kesimpulan

Tidak ada pantangan khusus ketika minum milagros. Pada penggunaan jangka lama secara umum belum ada laporan ketidakamanan, akan tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga Anda. Oleh karena keterbatasan penelitian tentang konsumsi air alkali dalam jangka panjang maka dokter akan membantu menilai kondisi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Sumber:
    • Healthline.com (2019) : Alkaline Water: Benefits and Risks
    • DrZuhdy.com (2020): Milagros vs Asam Lambung: Asam Lambung Bolehkah Minum Milagros?
    • Milagros.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here