Proses Pemecahan Karbohidrat Dalam Tubuh Terjadi Pada Apa?

0
332
Proses pemecahan karbohidrat dalam tubuh terjadi pada
Ilustrasi Makanan Sumber Karbohidrat

Info Kesehatan Umum – Proses pemecahan karbohidrat dalam tubuh terjadi pada organ apa? Pertanyaan satu ini pasti pernah Anda temukan di sekolah bukan? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang biasa dilontarkan pada mata pelajaran Biologi, khususnya terkait pembahasan sistem metabolisme tubuh manusia.

Tentunya penting sekali bagi Anda untuk memahami siklus metabolisme tubuh. Hal ini bisa membantu Anda untuk memaksimalkan kualitas kesehatan tubuh dan metabolisme itu sendiri. Materi satu ini bahkan menjadi salah satu materi pembelajaran dasar di instansi pendidikan.

Umumnya materi metabolisme ini sudah diajarkan sejak kelas 5 SD, lalu kemudian dimatangkan pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Tentu saja dengan berbagai jenis bimbingan praktik dan peralatan yang jauh lebih lengkap lagi.

Mengenal Metabolisme Tubuh Lebih Jauh

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, penting sekali bagi Anda untuk memahami pengertian dari metabolisme itu sendiri. Metabolisme adalah sebuah proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk mengkonversi makanan dan minuman yang Anda konsumsi menjadi energi.

Tentu saja ada banyak organ yang dilibatkan dalam proses metabolisme ini sendiri. Dalam hal ini organ pertama yang berperan besar dalam proses metabolisme adalah mulut. Bagaimana tidak, makanan apapun pertama kali akan melalui mulut terlebih dahulu.

Mulut kemudian mendorong makanan ke kerongkongan dan memicu terjadinya gerak peristaltik yang mendorong makanan ke lambung dan usus besar. Setelah ini makanan akan dikirimkan ke usus halus untuk diserap sari-sarinya.

Setelahnya, makanan ini kemudian dikonversi menjadi feses dan dikeluarkan oleh organ anus. Tentu saja makanan yang menjadi feses adalah makanan yang sudah habis diserap sari sarinya oleh organ metabolisme dalam. Lantas di mana proses pemecahan karbohidrat terjadi?

Proses Pemecahan Karbohidrat Dalam Tubuh Terjadi Pada?

Mengutip dari halaman resmi Ensiklopedia Britannica, pemecahan karbohidrat pada tubuh manusia terjadi pada mulut dan usus halus. Di dalam mulut sendiri terdapat sebuah enzim bernama amilase yang memiliki fungsi untuk memecah amilum atau Pati menjadi maltosa.

Sedangkan pada organ usus halus terdapat beberapa jenis enzim penting untuk proses penyerapan sari sari makanan oleh tubuh. Diantaranya adalah enzim laktase, maltase, peptidase dan sukrase. Tentunya masing-masing enzim tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam proses metabolisme tubuh.

Proses pencernaan di mulut dibantu oleh keberadaan air liur. Jarang orang tahu kalau air liur ini mengandung sebuah enzim pencernaan bernama lingual lipase dan amilase saliva. Enzim amilase saliva inilah yang bertugas untuk mencerna karbohidrat menjadi zat-zat polisakarida.

Sedangkan enzim lipase berperan besar dalam proses pencernaan lemak yang bernama trigliserida. Keberadaan enzim-enzim tersebut membantu organ tubuh lainnya untuk memproses makanan dengan lebih mudah.

Pada intinya, masing-masing organ memiliki peranan besar terhadap proses metabolisme tubuh itu sendiri. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Organ metabolisme juga akan terpelihara jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat. (SA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini