Apa Penyebab Keputihan Berlebihan Saat Hamil Muda? Waspadalah!

Penyebab keputihan berlebihan saat hamil muda
Penyebab keputihan berbau saat hamil muda

Keputihan yang terlalu banyak jumlahnya seringkali menimbulkan rasa khawatir pada ibu hamil muda. Hal ini dirasakan terutama ibu hamil yang baru pertama kali merasakan pengalaman kehamilan. Yuk kita kenali apa saja penyebab keputihan berlebihan saat hamil muda ini.

Seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormonal. Hal ini bisa menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh, tidak terkecuali masalah keputihan ini. Biasanya keputihan sewaktu hamil adalah hal yang normal. Namun, ketika jumlah nya terlalu banyak di usia kehamilan awal, apakah juga termasuk hal yang normal?

Penyebab Keputihan Berlebih Saat Hamil Muda

Salah satu pertanda periode awal kehamilan adalah munculnya keputihan yang bertambah jumlah nya. Hal seperti ini akan berulang ketika mendekati waktu persalinan. Walaupun jumlah bertambah, keputihan yang terjadi di awal kehamilan ini tetaplah normal. Asalkan ciri-ciri cairan keputihan yang normal terpenuhi, yaitu bersifat encer, bening, atau seperti putih susu, dan tidak mengeluarkan bau atau bau hanya tercium sedikit saja.

Keputihan Normal Yang Berlebihan

Berbagai penyebab keputihan berlebihan saat kehamilan yang normal adalah sebagai berikut:

• Peningkatan kadar hormon estrogen sewaktu kehamilan.
  • Keadaan mulut rahim dan dinding vagina yang menjadi semakin lunak sehingga produksi cairan akan berlebih. Ini juga bisa berperan sebagai pencegahan infeksi.
  • Peningkatan aliran darah di sekitar organ reproduksi.

Jadi, tidak perlu merasa khawatir bila apa yang Anda alami masih dalam batas kewajaran. Masalah jumlah tidak mengapa, asalkan masih dalam batas normal dan bukanlah suatu penyakit.

Keputihan Abnormal Yang Berlebihan

Nah, keputihan akan disebut menjadi tidak normal atau akibat suatu penyakit, bilamana telah berubah ciri-ciri nya, antara lain:

• Perubahan warna yang tadinya bening atau putih susu menjadi kekuningan, abu-abu, atau kehijauan.
  • Memiliki bau amis atau busuk yang menyengat.
  • Bisa diiringi rasa gatal, pembengkakan, dan kemerahan di sekitar vagina.
  • Bisa disertai rasa sakit terutama saat proses buang air kecil.

Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Keputihan Berbau Saat Hamil Muda

Berbagai hal dapat mengakibatkan cairan vagina tidak lagi normal. Bentuknya akan berubah sesuai dengan penyakit yang menyebabkannya. Untuk perubahan menjadi cairan yang memiliki bau yang signifikan biasanya disebabkan oleh penyakit infeksi. Beberapa penyakit tersebut diantarannya:

• Infeksi jamur. Tanda-tandanya dapat berupa gumpalan berwarna putih susu bercampur kuning seperti keju, dan bisa disertai gatal dan panas pada area vagina.
  • Trikomoniasis. Ini merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Keputihan yang terjadi dapat berwarna kuning, kehijauan, berbusa, disertai vagina yang gatal dan kemerahan dan berbau.
  • Infeksi bakteri. Tanda-tandanya adalah keputihan encer, berbau amis terutama setelah berhubungan seksual, serta berwarna putih atau abu-abu.

Nah, itu tadi berbagai penyebab keputihan berlebihan saat hamil muda. Selain itu, kami tambahkan juga berbagai penyebab yang membuatnya menjadi berbau. Bila Anda ingin melihat pembahasan lengkapnya silahkan baca pada link di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Baca ulasan lengkap: Keputihan Saat Hamil

1 KOMENTAR