Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami Tradisional dan Obat Medis Dengan Cepat

0
141
bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat alamiah
bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat alamiah. Gambar oleh: Mudassar Iqbal dari Pixabay Free License


Kesehatan Gigi dan Mulut – Tips bagaimana cara menghilangkan sakit gigi. Hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi. Pengalaman ini tentunya akan sangat mengesalkan dan mengganggu. Oleh karena itu, cenderung pikiran akan selalu berusaha untuk meredakan nyeri dengan segala cara. Nah, pada artikel ini kami akan membagikan informasi tentang bagaimana cara mengobati sakit gigi secara alami dan medis.

Sakit gigi adalah sensasi nyeri pada gigi, gusi, dan area di sekitarnya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya yaitu kerusakan pada gigi, peradangan dan infeksi pada gusi, gigi yang sedang tumbuh, benturan atau trauma fisik pada gigi, infeksi pada sinus, dan tambalan gigi yang rusak.

Ada banyak obat yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri yang dirasakan pada gigi. Obat tersebut bisa bersumber dari lingkungan sekitar tempat tinggal (cara alami dan herbal) atau dari toko obat dan apotik. Berikut ini kami rincikan cara mengobati sakit gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan Obat Medis

Sampai saat ini belum ada alternatif lain untuk meredakan nyeri pada gigi dengan cepat selain penggunaan obat-obatan medis. Beberapa diantaranya yang bisa dipergunakan, yaitu:

Ibuprofen

Ibuprofen adalah golongan anti inflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini bisa dipakai meredakan gigi yang sakit. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat produksi senyawa prostaglandin yang menyebabkan peradangan, nyeri, bengkak, atau bahkan demam.

Dosis yang biasanya dipakai untuk orang dewasa adalah 4-6 kali dalam sehari dengan masing-masing 200-400 mg sekali minum. Obat ini termasuk obat keras yang penggunaannya harus berdasarkan resep dokter. Pasien disarankan untuk meminum obat ini setelah makan karena dapat meningkatkan asam lambung.

Naproxen

Seperti halnya ibuprofen, naproxen juga termasuk golongan OAINS. Obat juga memiliki sifat kinerja yang sama dengan ibuprofen. Namun, obat ini bekerja lebih lama sehingga memberikan perlindungan dari rasa nyeri dan radang lebih lama.

Obat ini diminum dengan dosis 2-3 kali 220-440 mg setiap hari. Direkomendasikan untuk meminum obat setelah makan. Penggunaan obat harus berdasarkan nasehat dari dokter.

Paracetamol

Parasetamol atau disebut juga dengan acetaminophen adalah jenis obat yang juga banyak dipakai untuk mengurangi sakit gigi. Obat ini dipergunakan bilamana pasien memiliki riwayat alergi dengan penggunaan kedua obat yang telah dijelaskan di atas.

Dosis dan cara minum obat ini adalah 4-6 kali sehari dengan 500-1000 mg setiap kali minum. Obat ini bisa dikonsumsi baik sebelum ataupun setelah makan. Obat ini tergolong obat bebas, akan tetapi pemakaiannya tetap harus sesuai dengan aturan yang ada pada label.

Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara mengobati gigi sakit tidak hanya mengandalkan obat-obat kimiawi dari kalangan medis. Beberapa alternatif pengobatan berikut ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Garam

Anda bisa memakai garam sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk garam hingga merata tercampur. Kumurkan air larutan garam ini ke rongga mulut dalam waktu 3-5 menit.

Air garam bisa berperan sebagai disinfektan alamiah. Keberadaannya akan meredakan peradangan gusi yang bengkak dan sakit dan membantu dalam penyembuhan luka. Berkumur dengan air garam ini juga akan membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang ada di sela-sela gigi.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bisa membantu menyembuhkan nyeri dan radang pada gigi karena memiliki kandungan senyawa eugenol. Senyawa ini berperan sebagai antiseptik alamiah.

Agar bisa digunakan sebagai obat sakit gigi, silahkan campur 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Lalu, oleskan ke bagian gigi yang sakit dengan bantuan kapas cotton bud.

Teh Peppermint

Selain dapat dikonsumsi, teh peppermint juga bisa dipakai sebagai obat sakit gigi. Bagaimana caranya? Silahkan celupkan teh celup peppermint ke dalam air panas. Angkat kantung teh setelah mencelupkan beberapa saat. Dinginkan kantung teh dengan memasukkannya ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah dingin, silahkan gigit kantong teh menggunakan gigi yang sakit.

Bawang Putih

Bawang putih telah dipercaya sebagai obat berbagai macam penyakit, termasuk sakit gigi. Bawang putih memiliki kandungan yang berperan sebagai anti peradangan dan anti bakteri. Oleh karena itu, bawang akan membantu mengurangi rasa sakit pada gigi dan menetralisir bakteri jahat di rongga mulut.

Silahkan siapkan satu siung bawang putih. Giling bawang hingga menjadi halus. Setelah halus, oleskan pada gigi yang mengalami sakit. Untuk lebih sederhana, Anda juga bisa langsung mengunyah-ngunyah bawang secara perlahan menggunakan gigi yang sakit.

Es Batu

Bilamana sakit gigi yang Anda rasakan sebagai akibat langsung dari benturan atau trauma fisik pada gigi maka es batu bisa menjadi solusi. Es batu dapat menjadi cara mengobati gigi yang sakit

Silahkan siapkan es batu dari freezer. Bungkus es batu dengan menggunakan kain yang tipis. Tempelkan bungkusan ini pada area gigi yang sakit dari luar. Hal ini akan membantu mengurangi bengkak dan peradangan sehabis benturan.

Penting untuk diingat bahwasanya cara ini tidak cocok untuk sebagian orang. Ada sebagian orang yang memiliki gigi yang sensitif. Bila menggunakan cara pengobatan seperti ini maka berkemungkinan akan membuat gigi menjadi ngilu. Pada keadaan seperti ini, pengobatan medis dan alternatif lainnya lebih direkomendasikan.

Daun Sirih

Daun sering juga terkenal sebagai tanaman obat herbal. Selain diketahui berguna dalam perawatan area kewanitaan, daun ini juga berguna meredakan nyeri pada gigi yang berlubang. Namun, dalam pemanfaatannya tidak boleh sembarangan.

Berdasarkan informasi dari Buku Toga dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, ada beberapa bahan dan cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang, yaitu:

Bahan:

  1. Dua lembar daun sirih
  2. Setengah sendok teh garam
  3. Satu gelas air hangat

Langkah:

  1. Silahkan cuci daun sirih hingga bersih menggunakan air yang mengalir.
  2. Remas-remas daun lalu seduh dengan air hangat.
  3. Masukkan garam lalu dinginkan sampai pada suhu yang cocok untuk rongga mulut.
  4. Kumur-kumur kan air selama 3-5 menit.

Daun salam

Selain kerap dipakai dalam bumbu dapur, daun salam juga berkhasiat sebagai obat herbal. Daun ini mengandung senyawa flavonoid, minyak atsiri, dan tanin yang bertindak sebagai agen anti inflamasi, analgetik, dan anti mikroba. Kedua senyawa ini mampu membantu mengobati sakit gigi yang dirasakan.

Penelitian yang dilaksanakan oleh Agus Sumono dan Agustin Wulan SD terhadap 50 orang pasien di RS gigi dan mulut Universitas Jember memperlihatkan hasil bahwasanya kumur-kumur dengan menggunakan air rebusan daun salam bisa mereduksi jumlah bakteru streptococcus sp yang berada di rongga mulut. Ini bisa menjadi cara menghilangkan sakit gigi.

Nah, itu tadi tips bagaimana cara menghilangkan sakit gigi secara alami tradisional dan obat medis dengan cepat. Semoga bermanfaat. Simak informasi tentang Kesehatan Gigi dan Mulut lainnya di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here