Home Info Kesehatan Kesehatan Gigi dan Mulut Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami

0
220
Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami
Tips Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami

Paham tentang cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami akan memberikan banyak manfaat untuk Anda, karena gusi bengkak ini merupakan masalah yang serius. Gusi bengkak jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan infeksi nantinya.

Ketika gusi bengkak selera makan juga ikut menurun, dan hal ini tentu sangat disayangkan, karena Anda tidak bisa menyantap makanan favorit. Banyak hal yang menyebabkan gusi bengkak, salah satunya akibat menggosok gigi terlalu keras.

Biasanya gusi bengkak bisa sembuh dalam beberapa hari meski tanpa diobati, hanya saja hal ini pada kasus normal. gusi bengkak tidak sembuh kemungkinan karena sudah terjadi infeksi pada mulut atau pada bagian gusi tersebut, jadi penting untuk segera diobati.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami

Untungnya pengobatan herbal atau pengobatan alami sudah banyak tersedia untuk masalah gusi bengkak ini, sehingga Anda tidak perlu ke dokter untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati masalah gusi tersebut.

1. Kompres dengan Es Batu

Cara sederhana yang dapat diterapkan untuk mengobati masalah gusi bengkak tersebut dan hasilnya efektif adalah dengan menggunakan es batu. Jadi es batu tersebut dijadikan sebagai kompres, lalu tempatkan pada area wajah yang gusinya bengkak.

Es batu tersebut akan menghilangkan nyeri atau sakit berdenyut pada gusi yang bengkak tersebut. Atau jika tidak ada es batu di rumah, Anda juga bisa mengompresnya menggunakan air hangat, karena cara kerja es batu dan air hangan tersebut relative sama, yakni menghilangkan bengkak.

Simak Juga : Harga Memutihkan Gigi di Puskesmas

2. Lakukan Kumur – Kumur dengan Anti Biotik Atau Air Garam

Cara efektif lain yang juga bisa Anda coba untuk mengurangi rasa sakit pada gusi bengkak adalah dengan berkumur – kumur. Anda bisa menggunakan anti biotik untuk berkumur, sehingga bakteri pada mulut dibersihkan, dan mengurangi bengkak tersebut. Masalah kenapa gusi bengkak tidak sembuh sembuh mudah diatasi.

Atau Anda juga bisa menggunakan air garam untuk berkumur, karena sifatnya kurang lebih sama dengan anti biotik, yakni membersihkan bakteri pada mulut. Ketika gusi terasa nyeri dan mulai bengkak, lebih baik segera diobati agar tidak menimbulkan rasa kurang nyaman.

3. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Masalah mulut sering diabaikan banyak orang, padahal dampak jangka panjangnya bisa sangat serius. Misanya ketika Anda mengalami gusi nyeri lebih baik segera cari tahu cara mengatasi gusi nyeri berdenyut, sehingga tidak mengganggu selera makan Anda.

Selain itu pastikan juga untuk memperbanyak konsumsi vitamin c, karena vitamin c tersebut akan meningkatkan kesehatan mulut. Kurang vitamin c dapat membuat bibir mudah pecah – pecah, mengalami sariawan, serta juga membuat gusi jadi bengkak.

Jadi sebisa mungkin penuhi kebutuhan vitamin c harian Anda, sehingga tidak terjadi masalah pada mulut tersebut. Mulut yang sehat dan terjaga akan membuat tubuh jadi lebih fit, serta terhindar dari berbagai macam penyakit. (SA)

Baca Juga : Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here