Cara Menurunkan Panas Pada Anak Secara Alami

0
153
Cara Menurunkan Panas Pada Anak Secara Alami
Tips Mudah Cara Menurunkan Panas Pada Anak Secara Alami

Kesehatan Anak – Cara menurunkan panas pada anak secara alami sangat penting untuk diketahui oleh Anda pada orang tua. Ketika seorang anak mengalami demam tentunya akan memberikan kekhawatiran tersendiri apalagi jika terjadi pada kedua situasi yang tidak terduga.

Menurunkan panas dengan cara alami ini bisa menjadi pilihan terbaik. Karena biasanya selain memiliki harga yang murah selain itu juga sangat minim dengan efek samping jika dibandingkan dengan obat-obat kimia.

Walaupun begitu, Anda tetap perlu mempertimbangkan untuk menggunakan obat kimia ketika cara-cara alami tidak membuahkan hasil. Anda bisa memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Baca Juga : Demam Karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

Beberapa Cara Menurunkan Panas Pada Anak Secara Alami

Ada berbagai macam cara untuk menurunkan panas dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa cara yang kami rekomendasikan karena cukup praktis dan dapat dilakukan dengan mudah.

1. Kompres Hangat

Cara menurunkan panas anak yang sudah sangat umum dilakukan sebagai pertolongan pertama yaitu adalah melakukan kompres hangat. Ini adalah salah satu cara yang sangat praktis dan juga sangat mudah dilakukan di rumah.

Para orang tua kita mengompres pada bagian dahi di mana pada bagian permukaan kulit memiliki banyak sekali pembuluh darah. Anda hanya membutuhkan handuk kecil dan juga baskom untuk menampung air hangat.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan kompres dingin karena ini dapat membuat pembuluh darah mengecil sehingga suhu tubuh semakin meningkat. Katakan kompres hangat sekitar 10 sampai dengan 5 menit saja.

2. Mandi atau Basuh Dengan Menggunakan Air Hangat

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memandikan anak dengan menggunakan air hangat. Anda mungkin akan sedikit menyatakan apalagi ketika anak menolak untuk mandi, jangan terlalu dipaksa.

Cara alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan membaca menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat. Anda bisa menjadi solusi alternatif ketika anak menolak untuk dimandikan dengan menggunakan air hangat.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih ini bisa menjadi obat penurun panas alami yang cukup efektif. Perlu Anda ketahui demam bisa meningkat ketika kebutuhan cairan di dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik.

Ketika dalam kondisi demam dan juga tidak memiliki perairan yang cukup ini bisa membuat anak mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, memberikan air minum yang cukup adalah cara yang sangat tepat ketika seorang anak sedang panas tinggi.

Apabila anak Anda masih mengonsumsi ASI, maka memberikan ASI juga bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Apalagi ASI memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seorang anak. Perhatikan yang satu ini.

4. Bawang Merah

Bawang merah menjadi salah satu bumbu dapur yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Ini bisa dikatakan menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di rumah. Ternyata bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada anak.

Cara menurunkan panas pada anak dengan bawang merah sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama Anda bisa memotong bawang merah menjadi dua bagian. Setelah itu balurkan ke telapak kaki anak secara merata.

Lakukan kurang lebih selama 2 kali dalam satu hari untuk membantu menurunkan panas anak. Setiap orang tua badannya akan merasa panik ketika anak sedang panas tinggi. Akan tetapi daripada merasa panik, akan lebih baik ketika melakukan beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Tujuannya untuk memberikan pertolongan pertama. Cara-cara alternatif yang bisa menjadi pilihan tepat karena biasanya mudah untuk didapatkan di rumah. Beberapa cara yang kami rekomendasikan mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. (SA)