Cara Mengatasi Demam Karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

0
219
demam karena tumbuh gigi pada bayi
Ilustrasi demam karena tumbuh gigi pada bayi

Tumbuh gigi pada bayi biasanya terjadi pada usia 4 sampai 7 bulan. Cukup mudah untuk mengenal tanda dan gejala nya. Beberapa diantaranya yaitu peningkatan suhu tubuh, sering mengeluarkan air liur, dan berkurangnya nafsu makan. Untuk lebih jelasnya simak tips cara mengatasi demam karena tumbuh gigi pada bayi.

Bukan Sekedar Demam Karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

Namun, ibu harus pahami beda antara peningkatan suhu tubuh dan demam pada bayi yang tumbuh gigi. Jangan menganggap semua kasus demam (febris) pada bayi usia lebih dari 4 bulan adalah kasus tumbuh gigi. Mungkin saja buah hati Anda sedang dalam keadaan sakit akibat suatu penyakit.

Tumbuh gigi memang dapat meningkatkan suhu tubuh bayi Anda, tetapi hanya sedikit. Ibu harus pahami bahwasanya setiap temperatur bayi lebih dari 38 derajat celsius adalah suatu penyakit. Untuk itu harus segera dibawa ke dokter. Suhu demam antara 37,5 hingga 38 derajat celsius bisa saja akibat tumbuh gigi atau suatu penyakit.

Bagaimana Mengenali Bayi Yang Tumbuh Gigi?

Setiap bayi berbeda. Beberapa bayi hampir tidak merengek ketika sedang mengalami tumbuh gigi. Yang lain bisa saja menangis dan rewel untuk waktu yang lama. Perhatikan gejala di bawah ini:

  • Keluar air liur yang banyak,
  • Bayi menjadi sangat rewel dan susah tidur,
  • Menangis lebih dari biasanya,
  • Berkurangnya nafsu makan, atau
  • Mengunyah cincin gigi atau benda keras lainnya.

Bilamana bayi menunjukkan tanda-tanda di atas maka kemungkinan besar sedang dalam keadaan tumbuh gigi. Tanda dan gejala ini biasanya semakin jelas atau memburuk dalam rentang usia antara 6 sampai 16 bulan.

Bagaimana Mengenali Bayi Yang Sakit?

Bayi yang sakit juga bisa rewel, sulit tidur, dan menangis lebih dari keadaan biasa. Selain itu, bayi juga sulit makan. Nah, dalam keadaan ini harus diperhatikan apakah bayi menderita keluhan lainnya, seperti:

  • Hidung berair atau tersumbat (pilek),
  • Bersin atau batuk,
  • Diare atau muntah, atau
  • Timbul ruam pada kulit.

Nah, bila ditemukan salah satu gejala di atas mengiringi demam (febis) dan gejala tumbuh gigi maka bisa saja bayi sedang terkena suatu penyakit. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Menenangkan Gusi Sakit

Jika bayi Anda sedang tumbuh gigi, cara terbaik untuk meredakan nya adalah dengan memberi tekanan pada gusi nya. Anda dapat memijat dengan menggunakan jari yang bersih atau memberi sebuah rubber teething ring (cincin tumbuh gigi karet) untuk dikunyah.

Cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi
Contoh gambar rubber teething ring

Benda yang dingin akan terasa nyaman bagi bayi yang sedang tumbuh gigi. Namun, hati hati bila terlalu dingin justru dapat melukai gusi nya. Jadi, ibu dapat meletakkan cincin karet di lemari pendingin (bukan freezer) hingga dingin secukupnya sebelum diberikan kepada bayi.

Alternatif lain selain cincin karet ini adalah handuk lembab. Silahkan dingin handuk lembab sampai pada temperatur yang sesuai sebelum diberikan kepada bayi.

Cara Menurunkan Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi

Obat demam karena tumbuh gigi pada bayi memang ada, tetapi kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika bayi berusia di atas 6 bulan, mungkin bisa diberi ibuprofen atau acetaminophen untuk membantu mengatasi rasa sakit pada gigi.

Namun, bila menemui salah satu kondisi di bawah ini maka segera berkonsultasi dengan dokter:

  • Berusia di bawah 3 bulan dan/ atau dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius atau hiperpireksia,
  • Demam berlangsung lebih dari 24 jam,
  • Muncul diare, muntah, atau ruam akibat demam, atau
  • Terlihat sangat mengantuk atau merintih kesakitan,
  • Tidak bisa ditenangkan.

Nah, itu tadi informasi tentang cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi. Mudah-mudahan bermanfaat.

Info Untuk Koder: Kode ICD 10 Febris

  • Sumber:
    • Webmd.com (2019): Can Teething Cause a Fever?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here