Cara Rapid Test Antigen COVID 19

0
24
Cara Rapid Test Antigen di bandara stasiun puskesmas
Sumber gambar: free license Pixabay.com

Banyak yang belum paham bagaimana tata cara rapid test antigen COVID 19. Sebenarnya sebagai individu yang akan dilakukan pemeriksaan caranya cukup mudah. Anda cukup membawa diri sendiri dan pesyaratan yang dibutuhkan ke tempat-tempat pemeriksaan rapid test jenis antigen ini.

Prosedural Rapid Test Antigen di Lokasi Massa

Berkenaan dengan hal ini, kami akan bagikan informasi tentang bagaimana dan apa yang dipersiakan seorang individu bila hendak dilakukan pemeriksaan rapid test. Info ini kami anggap penting karena syarat melakukan perjalanan di Indonesia adalah surat bukti hasi rapid test.

1. Cara Rapid Test Antigen Di Bandara (Soekarno-Hatta)

Untuk mengatasi antrian panjang pemeriksaan ini di bandara, pihak Angkasa Pura menyediakan 3 alternatif bagi calon penumpang. Jadi, silahkan pilih jalur pemeriksaan sesuai dengan selera Anda. Berikut ini penjelasan 3 jalur alternatif rapid test nya.

Pre-Order

Calon penumpang bisa memesan terlebih dahulu (pre-order) untuk pemeriksaan COVID-19 yang termasuk di dalamnya rapid test jenis antigen COVID-19 di lokasi Airport Health Centre Terminal 2 (Shelter Skytrain) ataupun Terminal 3 (lokasi Longue Umroh)

Sistem pre-order ini diselenggarakan lewat halaman https://travelation.angkasapura2.co.id. Ini telah terhubung dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport).

Apakah Anda sudah pernah memanfaatkan halaman ini? Bila belum maka silahkan registrasi terlebih dahulu secara online. Anda diharuskan mengisi data-data diri seperti nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), dan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Setelah Anda menyelesaikan proses registrasi maka silahkan klik menu “Health” kemudian pilih “SehatQ”

Drive Thru Service

Layanan ini juga ada di Bandara Soekarno-Hatta. Telah dipersipkan tiga area pemeriksaan, yaitu di lapangan parkir area terminal 3 domestik, lokasi parkir terminal 1B, dan pada lokasi parkir terminal 2D.

Walk in service (langsung)

Apa itu walk in service? Ini adalah salah satu layanan pemeriksaan rapid test antigen dengan cara mengunjungi langsung lokasi pemeriksaannya. Calon penumpang bisa langsung mendatangi Airport Health Centre di terminal 3 (SMMILE Center) atau terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk dilakukan pemeriksaan.

Bila Anda memutuskan untuk alternatif pemeriksaan ini maka sebaiknya mendatangi Bandara Soekarno-Hatta lebih awal karena proses pemeriksaannya membutuhkan banyak waktu dan juga antrian yang panjang.

Baca juga: Mengenal Orang Tanpa Gejala COVID-19

2. Langkah Rapid Test Jenis Antigen di Stasiun Kereta

Bila Anda bepergian menggunakan kereta api maka rapid test juga menjadi syarat perjalanannya. Berikut ini gambaran umum tahapan yang akan Anda lewati di stasiun

  1. Ambil nomor antrian.
  2. Persiapkan nomor kartu tanda penduduk (KTP), nomor handphone, dan kode booking tiket kereta.
  3. Persiapkan uang untuk biaya rapid test jenis antigen sebesar 105 ribu rupiah.
  4. Antri untuk pembayaran.
  5. Tunggu nomor antrian dipanggil.
  6. Pengambilan sampel hanya butuh waktu kurang dari 1 menit dan dengan waktu tunggu kira-kira 30 menit.

Simak informasi terkait: Bagaimana COVID-19 Menyebar?

3. Prosedur Rapid Test Jenis Antigen di Puskesmas

Bilamana Anda tidak mau repot-repot dengan pemeriksaan di bandara atau stasiun yang biasanya banyak kerumunan maka Anda bisa mendapatkan rapid test di puskesmas. Pihak puskesmas akan mengeluarkan pernyataan hasil rapid test Anda yang ditanda-tangani oleh dokter. Surat ini berlaku baik di bandara atau pun stasiun.

Untuk caranya sangat mudah. Cukup bawa syarat seperti yang dijelaskan pada bagian rapid tes di bandara lalu ikuti arahan petugas puskesmas. Biasanya Anda akan ditanya seputar gejala dan riwayat kontak pasien terkonfirmasi COVID-19. Setelah itu Anda akan diarahkan ke ruangan khusus untuk mendapatkan pemeriksaan. Kemudian silahkan tunggu hasil keluar dan proses pengerjaan surat hasil rapid test dalam beberapa menit.

Nah, itu tadi penjelasan dan rincian beberapa langkah dan cara rapid test antigen COVID-19 di beberapa lokasi penting sebelum melakukan perjalanan. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan semoga tulisan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here