Bagaimana COVID-19 Menyebar?

bagaimana COVID-19 menyebar
Ilustrasi penyakit COVID-19

Bagaimana COVID-19 menyebar? – COVID-19 adalah suatu jenis penyakit infeksi baru yang disebabkan oleh virus Corona. Para ahli masih terus mempelajari segala hal tentang penyakit ini, termasuk bagaimana penyebaran penyakit COVID-19 ini.

Penyebaran Individu Ke Individu Lain

Virus ini telah disimpulkan dapat menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

• Dapat menyebar diantara dua orang yang bersentuhan erat satu sama lain (atau berada dalam jarak kira-kira sejauh 6 kaki).
  • Melalui tetesan kecil cairan dari saluran pernapasan (droplet) yang dihasilkan ketika orang yang positif COVID-19 melakukan batuk, bersin, atau berbicara.
  • Tetesan kecil cairan saluran pernafasan bisa terbang melayang dari si sakit dan mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekat nya atau mungkin langsung terhirup ke dalam paru-paru.
  • Berbagai studi dan riset terbaru telah memperlihatkan bahwa penyakit COVID-19 bisa disebarkan oleh orang-orang yang belum menunjukkan tanda dan gejala penyakit.
  • Mempertahankan jarak sosial yang baik (sekitar 6 kaki) amat sangat penting dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit COVID-19 ini.

Penyebaran Melalui Kontak Dengan Permukaan atau Benda Yang Telah Terkontaminasi Virus Corona

Mungkin saja seseorang bisa tertular COVID-19 dengan melakukan sentuhan terhadap permukaan atau benda yang memiliki atau telah menempel virus di atasnya. Lalu orang tersebut menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka sendiri. Ini memang belum bisa dianggap sebagai cara utama penyebaran virus, tetapi para peneliti masih belajar lebih banyak tentang virus Corona ini.

Lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan rekomendasi agar orang selalu menjaga kebersihan tangan. Salah satu nya adalah dengan menjaga disiplin melaksanakan langkah cuci tangan di momen cuci tangan yang tepat. Kegiatan cuci tangan ini sangat dianjurkan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun atau cairan antiseptik. Selain itu, CDC juga memberikan anjuran agar rutin melaksanakan pembersihan permukaan benda-benda yang sering disentuh.