Cinta Karena Cinta dan Cinta Luar Biasa Kepada Pasangan, Sehatkah?

0
348
cinta karena cinta untuk kesehatan
Ilustrasi cinta dan setia

Merawat cinta karena cinta kepada pasangan kita sangat penting. Mengapa? Oleh karena cinta luar biasa yang kita berikan kepada pasangan juga akan mendatangkan berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dari sisi kesehatan.

Anda pasti penasaran apa saja khasiat bidang kesehatan yang kita dapatkan bila kita menciptakan cinta yang sejati kepada pasangan. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Bangun Cinta Karena Cinta dan Setia dan Rasakan Manfaat Kesehatan nya

Menikah adalah awal dari kehidupan cinta seseorang. Dari sinilah pasangan mulai membangun rasa saling percaya terhadap pasangan. Mereka yang senantiasa memupuk rasa kasih dan sayangnya tentunya kan menemukan cinta luar biasa.

Ternyata bagi pasangan ada banyak manfaat kesehatan tubuh baik fisik maupun mental yang kita dapatkan bilamana kita merawat cinta. Apa saja itu? Yuk simak rinciannya di bawah ini.

1. Kunjungan Ke Dokter Lebih Sedikit
Berdasarkan data dari Health and Human Services Department di Amerika menyebutkan bahwa mereka yang menikah dan mencintai pasangannya memiliki jumlah kunjungan ke dokter lebih rendah. Selain itu, lama waktu dirawat lebih singkat bila pasien tersebut harus dirawat inap.

Belum terlalu banyak penelitian yang membahas tentang hubungan cinta dan kesehatan ini. Namun, banyak ahli beranggapan bahwa manusia adalah makhluk sosial dimana sistem biologisnya bergantung. Semakin intim sosialnya maka semakin baik kondisi biologisnya.

Selain itu, ahli lain berpendapat bahwa hubungan cinta yang baik kepada pasangan berarti memberikan kepedulian kepada pasangan. Dengan begitu, pasangan akan semakin mudah melakukan kebiasaan yang sehat lagi baik.

Contohnya adalah pasangan Anda akan jujur kepada Anda tentang kebersihan mulut Anda sehingga Anda pun semakin rajin menjaga higienitas mulut. Kebersihan mulut yang baik akan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit.

2. Jarang Merasakan Stres
Masih berdasarkan Health and Human Services Department di Amerika bahwa mereka yang menikah dan mencintai pasangan akan memiliki tingkat stress yang lebih rendah baik pada wanita maupun pria. Penelitian terbaru mengatakan bahwa stres berhubungan dengan tingkat imunitas tubuh manusia. Semakin tidak terkendali tingkat stress seseorang maka semakin buruk daya tahan tubuhnya. Daya tahan tubuh yang buruk akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

3. Tekanan Darah Stabil
Pernikahan yang bahagia akan bagus untuk tekanan darah. Kesimpulan ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan di Annals of Behavioral Medicine.

4. Kecemasan Berkurang
Para peneliti di State University of New York menggunakan MRI untuk melihat gambaran otak orang-orang yang sedang merasakan cinta. Mereka membandingkan antara pasangan baru dengan pasangan lama yang tetap saling mencintai. Hasilnya menunjukkan bahwa keduanya memiliki gambaran aktivitas di bagian otak yang berhubungan dengan intensitas cinta.

Bagian otak yang bekaitan dengan intensitas cinta ini berada di area “dopamine-reward“. Ini adalah area yang sama dimana seseorang memberikan respon ketika memakai kokain atau menang taruhan uang. Kurangnya aktivitas otak pada area ini akan menimbulkan kecemasan.

Manfaat Cinta Luar Biasa Lainnya Bagi Kesehatan

cinta luar biasa bagi kesehatan
Rawat Cinta Luar Biasa Untuk Pasangan

5. Kontrol Nyeri Alamiah
Penelitian tentang penilaian aktivitas otak dengan MRI pada pasangan yang lama menikah menunjukkan aktivitas otak yang berperan dalam mengelola nyeri. Studi lainnya menemukan bahwa orang yang menikah dan saling mencintai lebih sedikit mengeluhkan sakit kepala dan nyeri punggung bagian belakang.

6. Mempercepat Penyembuhan
Kekuatan hubungan cinta yang positif adalah mempercepat penyembuhan luka. Para peneliti di Ohio State University Medical Center memberikan luka melepuh pada pasangan yang diteliti. Hasil menunjukkan bahwasanya luka lebih cepat pulih pada pasangan yang berinteraksi dengan hangat ketimbang pada pasangan yang saling membenci satu sama lain. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Archives of General Psychiatry.

7. Berusia Lebih Panjang
Orang menikah yang menikmati pernikahan memiliki umur yang lebih panjang. Berdasarkan data dari National Health Interview Survey, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidak pernah menikah lebih mudah mati sebanyak 58% kali daripada orang yang menikah. Para peneliti berpendapat karena pasangan saling memberikan dukungan mutualisme, keuntungan finansial, dan anak.

8. Hidup Lebih Bahagia
Penelitian di Journal of Family Psychology menunjukkan bahwa kebahagiaan bergantung kepada kualitas hubungan di dalam keluarga. Cukup banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kekuatan cinta lebih baik daripada kekuatan uang.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kesehatan tubuh yang kita dapatkan bila membangun cinta karena cinta dan setia kepada pasangan sehingga merasakan cinta luar biasa. Mudah-mudahan Anda dapat membangun cinta Anda dan merasakan segera manfaatnya.

Sumber:
Harry Reis, PhD, professor of psychology, University of Rochester; co-editor, Encyclopedia of Human Relationships
Department of Health and Human Services: “The Effects of Marriage on Health: A Synthesis of Recent Research Evidence.”
https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20080320/happy-marriage-better-blood-pressure
Arthur Aron, PhD, professor of psychology, State University of New York at Stony Brook.
Annual meeting of the Society for Neuroscience, Washington, D.C., Nov. 15-19 2008.
https://www.webmd.com/balance/news/20041215/health-perks-of-marriage
Psychological Science, December 2006.
Psychosomatic Medicine, November 2006.
Archives of General Psychiatry, December 2005.
https://www.webmd.com/balance/news/20080619/for-happiness-seek-family-not-fortune
https://drzuhdy.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here