Ciri-ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat dan Perlu Diperhatikan

0
11
Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan Yang Sehat
Berikut Ini Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan Yang Sehat

Ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat bukan hanya terletak pada perkembangan janin namun juga kesehatan ibunya, hal tersebut harus benar-benar dipahami agar dapat menghindari keguguran atau kecatatan pada janin Anda.

Pada waktu 23-27 minggu waktu kehamilan akan membuat perut semakin terlihat, beberapa hal harus menjadi perhatian karena pada waktu tersebut janin mulai mengembangkan alis, bulu mata, perasa serta sel-sel darah.

Ciri-ciri kehamilan 6 bulan dapat dilihat dari kenaikan berat badan, sering merasa mulas, sembelit dan bahkan kelelahan, maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan agar perkembangan janin dan kesehatan ibu yang sedang mengandung dapat terjaga dengan baik.

Rasa bahagia dan waspada memang sering muncul karena usia janin berada di tengah-tengah akhir persalinan, maka dari itu perlunya perhatian lebih agar tidak salah dalam menanggapi ciri-ciri sehat atau normal yang harus dimiliki oleh semua ibu hamil.

Baca Juga : Dosis Asam Folat Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Kenali Ciri-ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat

Terdapat banyak hal normal yang wajib untuk dipahami, hal tersebut akan terjadi pada ibu hamil usia 6 bulan, tidak perlu panic dalam menanggapi nya, dan tidak boleh asal meminum obat jika terjadi hal-hal normal tersebut.

Hal ini dikarenakan dapat membahayakan kesehatan janin. Ciri-ciri hamil 25 minggu yang sehat dapat dilihat dari perkembangan janin yang semakin optimal, berikut merupakan ciri-cirinya :

Perkembangan Organ Janin

Perkembangan organ janin khususnya otak akan berkembang dengan cepat dalam usia kandungan 6 bulan, hal tersebut dipengaruhi oleh selubung lemak yang berperan sebagai penyalur impuls listrik pada sepanjang syaraf yang sudah terbentuk.

Bentuk Tubuh

Pada usia kandungan sekitar 23-26 minggu, bentuk tubuh bayi sudah hampir sempurna, kebanyakan Anda sudah dapat melihat jenis kelamin pada bayi Anda.

Namun perlu diingat paru-parunya masih belum berkembang secara sempurna, maka dari itu perlunya mengonsumsi banyak vitamin serta makanan sehat agar pertumbuhan janin menjadi baik.

Simak Juga : Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Aktivitas Janin

Usia kehamilan yang sudah menginjak 6 bulan akan menunjukkan beberapa aktivitas yang terjadi didalam perut, contohnya bayi sudah bisa isap jempol dan mengalami cegukan, selain itu mereka juga mempunyai waktu aktif dan tenangnya.

Perubahan Kulit Serta Cadangan Lemak

Terdapat perubahan kulit serta cangan lemak yang terjadi pada bayi yang masih didalam kandungan, kulitnya sudah mulai memiliki warna sejati, tidak lagi transparan seperti pada usia kandungan dibawah 6 bulan. Lemak baik pada bayi juga akan semakin bertambah.

Jika terjadi ciri-ciri yang tidak lazim dalam perkembangan kehamilan, Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter, karena pada usia 23-26 minggu, bayi yang ada didalam kandungan masih rentan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan perlu adanya penangan khusus dari dokter. (SA)

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini