Dosis Asam Folat untuk Ibu Hamil Trimester 1 Harus Dipahami

0
11
Dosis Asam Folat Untuk Ibu Hamil Trimester 1
Berapa Besaran Dosis Asam Folat Untuk Ibu Hamil Trimester 1 ?

Kondisi kehamilan pada 3 bulan pertama sangat membutuhkan asam folat, maka dari dosis asam folat untuk ibu hamil trimester 1 harus dipahami dengan benar, karena terdapat efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi asam folat.

Biasanya yang dianjurkan oleh dokter adalah 600 mikrogram per hari, namun terdapat penyesuaian jika terdapat beberapa riwayat penyakit yaitu 400 mikrogram perhari agar tidak terjadi efek samping seperti mual, gangguan tidur, kembung, serta perubahan mood.

Terdapat perubahan dosis asam folat untuk ibu hamil trimester 2, namun rata-rata yang dianjukan tetap sama seperti trimester 1 dengan saya ibu hamil tersebut tidak memiliki riwayat apapun yang berhubungan dengan kesehatan janin serta perkembangan saraf pada janin.

Asupan yang cukup sangat diperlukan oleh semua ibu hamil, jika kekurangan asam folat akan menyebabkan gangguan pada perkembangan saraf janin yang akan mengakibatkan cacat bawaan pada bagian otak, maka dari itu hal tersebut harus diperhatikan.

Baca Juga : Cara Mengobati Mual Saat Hamil

Dosis Asam Folat untuk Ibu Hamil Trimester 1

Bagi ibu hamil, mengonsumsi asam folat merupakan komponen nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan syaraf janin, sebagai informasi biasanya tabung syaraf akan berkembang ke sumsum tulang belakang serta otak dalam 28hari setelah proses pembuahan.

Berikut merupakan rekomendasi berbagai makanan yang banyak mengandung asam folat, makanan tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber asam folat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, buah dapat mencukupi dosis asam folat untuk ibu hamil trimester 3, Anda bisa mengonsumsi buah seperti lemon, alpukat, tomat, papaya, melon dan pisang.

Makanan Tinggi Protein

Selain buah, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging merah, hati sapi, hati ayam, telur, dan hidangan laut, fungsinya agar bisa memenuhi asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung.

Simak Juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk Saat Hamil

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti asparagus, bayam, brokoli, selada, dan lobak mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi, hal tersebut dapat membantu untuk memenuhi asupan nutrisi untuk perkembangan janin.

Kacang-Kacangan

Aneka kacang-kacangan bisa menjadi pilihan snack untuk dikonsumsi khususnya bagi ibu hamil, karena mengandung banyak folat yang sangat bagus dikonsumsi, jenis kacang yang menjadi rekomendasi antara lain adalah kacang merah, kacang hijau, kacang walnut dan kacang polong.

Selain makanan yang sudah disebutkan diatas, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai suplemen vitamin yang mengandung banyak folat, perlu dicatat asupan ini sangat penting untuk perhatikan jika Anda tidak ingin janin yang ada didalam kandungan mengalami kecacatan.

Terdapat dampak positif dan negatifnya, maka dari itu penting sekali untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar tidak terjadi kesalahan dosis dalam mengonsumsinya, mengingat ada sebagian orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. (ditulis oleh SA untuk drzuhdy.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini