Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil, Pelajari Yuk!

0
14
Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Pedoman Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Informasi Kehamilan Kecukupan nutrisi berupa vitamin dan mineral menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil adalah asam folat. Pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil dapat menjadi panduan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi penting tersebut.

Mengenal Manfaat dan Kebutuhan Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Asam folat atau folic acid merupakan varian atau jenis vitamin B yang memiliki fungsi khusus berupa membantu pembentukan sel – sel baru. Asam folat juga berperan dalam mempertahankan kesehatan sel – sel tubuh. Peran penting inilah yang membuat asam folat menjadi salah satu kebutuhan nutrisi penting bagi ibu dimasa kehamilan.

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

Selain manfaat penting di atas, kebutuhan asam folat yang terpenuhi juga dapat mencegah terjadinya perubahan atau modifikasi DNA yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Asam folat dapat diperoleh melalui beragam jenis makanan berupa buah – buahan seperti jeruk dan pisang, sayuran hijau seperti selada, brokoli dan bayam hingga kacang – kacangan.

Daging sapi pada bagian hati dan ginjal juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sebagai alternatif memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Selain sumber – sumber alami asam folat, pemenuhan kebutuhan asam folat juga bisa diperoleh melalui konsumsi suplemen.

Memilih Vitamin Ibu Hamil yang sudah mengandung asam folat dapat menjadi salah satu alternatif praktis untuk memenuhi kebutuhan harian. Konsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi juga bisa menjadi alternatif praktis sekaligus menyehatkan karena juga bisa menjadi sumber beragam nutrisi bermanfaat lain bagi ibu hamil.

Pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil dapat menjadi panduan untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian. Seorang ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mcg atau 0,4 mg asam folat per hari. Akan tetapi dengan pertimbangan khusus dan atas anjuran dokter, seorang ibu hamil dapat mengkonsumsi dosis asam folat lebih tinggi hingga 0,8 mg per hari.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Bahkan setelah melahirkan, asam folat masih dibutuhkan hingga dosis 0,5 mg per hari selama masa menyusui. Suplemen asam folat dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jika suplemen asam folat dikonsumsi setelah makan, ada baiknya untuk memberi jarak 1 – 2 jam.

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik serta anemia hemolitik. Sedangkan pada ibu hamil, kekurangan asam folat dapat memicu terjadinya lahir cacat pada janin karena perkembangan yang terhambat, anemia dan preeklamsia pada ibu hamil serta meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan kelahiran yang prematur.

Karena alasan – alasan penting diatas, maka memenuhi kebutuhan asam folat harian selama masa kehamilan dan menyusui menjadi sangat penting. Pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil dapat menjadi panduan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kesehatan ibu hamil, janin selama kandungan dan bayi pada masa menyusui dapat terjaga dengan pemenuhan kebutuhan asam folat harian. (SA)

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini