Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil Yang Ideal

0
17
Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil
Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Informasi Kehamilan – Kebutuhan vitamin menjadi hal penting bagi ibu hamil agar selalu berada dalam kondisi sehat dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin bagi diri sendiri serta janin yang dikandung.

Pengetahuan mengenai Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil dapat menjadi pengetahuan yang sangat penting untuk tujuan tersebut. Mengingat kekurangan vitamin dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang berada dalam kandungan.

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil

Mengenal Manfaat dan Anjuran Dosis Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Vitamin C merupakan salah satu Vitamin Ibu Hamil yang menjadi kebutuhan tubuh agar tetap sehat selama kehamilan. Salah satu manfaat utama vitamin C bagi ibu hamil adalah membantu penyerapan zat besi.

Kondisi kehamilan umumnya berisiko menyebabkan terjadinya anemia jika proses pembentukan sel darah merah tidak sesuai dengan kebutuhan. Zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Sehingga kecukupan vitamin C dapat mencegah terjadinya anemia karena meningkatkan penyerapan zat besi yang menjadi kebutuhan dalam pembentukan sel darah merah. Pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil dapat menjadi cara memenuhi kecukupan vitamin C.

Suplemen vitamin C dengan dosis yang tepat dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, pemenuhan kebutuhan vitamin C juga bisa didapat dari asupan buah serta sayur yang juga memiliki manfaat penting dalam menjaga kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat.

Manfaat lain dari pemenuhan vitamin C yang cukup adalah mengurangi risiko diabetes gestasional. Wanita hamil memang memiliki risiko peningkatan kadar gula darah yang disebut dengan diabetes gestasional.

Simak Juga : Vitamin Ibu Hamil Trimester 2

Kondisi tersebut dapat berbahaya karena bisa memicu terjadinya komplikasi kehamilan berupa preeklampsia, kelahiran bayi yang prematur hingga bayi lahir dengan bobot berlebih. Kecukupan konsumsi vitamin C dapat mencegah risiko – risiko tersebut.

Ibu hamil sebaiknya memperoleh asupan vitamin C sebesar 85 mg per hari. Jumlah tersebut merupakan anjuran yang disesuaikan dengan anjuran angka kecukupan gizi atau AKG yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemenuhan kebutuhan vitamin C sebesar 85 mg per hari tersebut bisa diperoleh dari konsumsi beragam buah dan sayur seperti jeruk, mangga, pepaya, jambu biji atau kiwi. Beberapa sayuran seperti kangkung, brokoli, paprika dan bunga kol juga dapat dikonsumsi untuk membantu pemenuhan kebutuhan vitamin C tersebut.

Selain konsumsi buah dan sayur, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan jumlah tersebut. Hal ini bisa memastikan kebutuhan harian vitamin C terpenuhi setiap harinya.

Suplemen vitamin C dan cara konsumsinya dapat didiskusikan dengan dokter agar aman bagi kesehatan. Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil tersebut sebaiknya dipatuhi demi kesehatan ibu dan janin. (SA)

Baca Juga : Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini