Hubungan Asam Lambung Dan Sakit Pinggang

1
374
hubungan asam lambung dan sakit pinggang
kaitan antara penyakit gerd dengan sakit pinggang

Pada tulisan ini kami akan menjawab pertanyaan pembaca tentang hubungan asam lambung dan sakit pinggang. Yuk disimak siapa tahu Anda mengalaminya

Pertanyaan: Halo Dokter. Perkenalkan nama saya Meli. Saya pernah berobat ke puskesmas dengan keluhan sakit maag dan nyeri pada pinggang dan punggung. Selain nyeri punggung saya juga merasakan nyeri dada. Lalu saya diberikan obat antasida, vitamin, dan obat-obat lainnya yang saya kurang paham. Nah, yang saya tanyakan apakah benar sakit maag dapat menyebabkan sakit pinggang juga? Terima kasih atas jawabannya Dok.

Penjelasan Hubungan Asam Lambung dan Sakit Pinggang

Terima kasih kepada Ibu Meli yang telah menyampaikan pertanyaan nya kepada kami. Kami akan coba mengulas tentang kaitan asam lambung dan sakit pinggang. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan Ibu.

Nyeri pada pinggang dan punggung seringkali disebabkan oleh kondisi otot yang tegang atau pun peradangan pada sendi-sendi di tulang belakang Anda. Namun, bukan hanya disebabkan kedua hal ini ada juga penyebab lainnya meskipun terbatas jumlah kasus nya. Beberapa diantara penyebabnya adalah penyakit asam lambung, gejala serangan jantung, dan lain-lain. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang asam lambung.

Nyeri punggung juga bisa timbul pada waktu-waktu yang paling tidak terduga. Misal ketika duduk, berdiri, berjalan, atau pun sehabis makan. Jika Anda mengalami sakit punggung setelah makan maka pertimbangkanlah adanya kaitan dengan masalah masalah pada saluran pencernaan. Gangguan seperti penyakit asam lambung (GERD) atau maag bisa saja menjadi sumber masalahnya. Namun, tetap memperhatikan penyebab lainnya dari saluran pencernaan dan sistem organ lainnya.

Tukak lambung dan heartburn

Tanda-tanda gangguan pencernaan seringkali meliputi rasa Nyeri pada perut Anda. Selain itu, dapat juga menunjukkan gejala seperti muntah atau diare. Namun, hal itu bergantung dengan keadaannya. Pasien bisa saja mengalami nyari pada pinggang atau punggung.

Ulkus peptikum dikenal juga dengan tukak lambung atau usus. Ulkus peptikum seringkali menimbulkan nyeri pada dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang atau punggung. Gejala dan tanda khas dari tukak peptikum ini, antara lain:

  • maag
  • nyeri pada perut
  • perut menjadi kembung
  • banyak gas

Tidak semua tukak peptikum ini menimbulkan perasaan nyeri pada pinggang. Pada umumnya ini terjadi pada kasus-kasus yang lebih serius.

Heartburn adalah tanda gangguan pencernaan yang juga bisa menyebabkan nyeri pada area punggung atau pinggang. Gejala heartburn yang disebabkan oleh GERD dapat disertai dengan sensasi terbakar di dada, rasa asam di mulut, dan rasa sakit di bagian tengah punggung atau pun pinggang.

Baca juga: Asam lambung dan kecemasan

Sumber:
Healthline.com: Why Do I Have Back Pain After Eating?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here