Tumbuhan Herbal Untuk Asam Lambung Sebagai Obat Alami

0
22
Tumbuhan Herbal Untuk Asam Lambung Sebagai Obat Alami
Sumber gambar: Mabel Amber, free license Pixabay.com

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai tumbuhan herbal untuk asam lambung sebagai obat alami yang bisa dimanfaatkan oleh banyak pasien. Begitu banyak para penderita penyakit asam lambung naik (GERD) yang mengeluhkan kebosanan dalam minum obat medis. Obat-obatan seperti antasida, ranitidin, atau lansoprazole dari dokter sudah menjadi menu harian bagi kebanyakan pasien. Oleh sebab itu, kami mencoba memberikan perspektif pengobatan herbal berdasarkan situs ilmiah.

Disclaimer: Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut, penting untuk diingat bahwasanya isi dalam artikel ini adalah pandangan lain dalam sisi pengobatan penyakit asam lambung. Jangan serta merta menghentikan obat yang Anda minum sekarang karena informasi dari artikel ini. Keadaan pasien tentunya lebih dipahami oleh dokter yang merawat pasien.

3 Jenis Tumbuhan Untuk Obat Asam Lambung Berdasarkan Pengalaman

Sebagian orang menemukan bahwasanya tanaman herbal dan pengobatan alami dapat meredakan gejala penyakit GERD yang dialami. Berdasarkan situs Harvard Medical School bahwa ada beberapa contoh tumbuhan herbal dan terapi alami yang sering digunakan sebagai obat asam lambung berdasarkan pengalaman masyarakat.

1. Kamomil

Kamomil merupakan jenis tumbuhan semusim dari famili bunga Matahari Asteraceae. Tanaman ini biasa dimanfaatkan dalam bentuk teh. Satu gelas teh Kamomil akan mampu meredakan gangguan pada saluran pencernaan, termasuk refluks asam lambung.

Namun, Anda harus berhati-hati bilamana memiliki riwayat alergi. Jangan langsung meneguk teh Kamomil ini. Silahkan dicoba terlebih dahulu dalam kuantitas yang sedikit. Kemudian, lihatlah apakah reaksi alergi yang timbul berupa gatal-gatal, kulit kemerahan, mual atau muntah, atau bahkan pusing. Jika tidak maka Anda aman untuk menikmati teh berbahan tanaman Kamomil ini.

2. Jahe

Tanaman jahe telah terkenal sebagai salah satu tumbuhan herbal yang banyak memiliki efek positif bagi saluran pencernaan. Sudah banyak pengalaman orang terdahulu yang menceritakan tentang efek jahe dalam pengobatan heartburn. Sudah cukup banyak juga penelitian dan jurnal-jurnal yang membahas tentang manfaat jahe bagi saluran cerna, termasuk mengatasi gangguan lambung.

Tentang hal ini, kami juga sudah mengulasnya di sini: Obat herbal asam lambung naik ke dada

3. Licorice atau Akar Manis

Akar manis telah menunjukkan banyak bukti pada beberapa penelitian. Dikatakan bahwasanya akar manis ini meningkatkan kuantitas dan kualitas lapisan lendir di dinding saluran kerongkongan (esofagus). Dengan begitu, hal ini akan memberikan perlindungan tambahan dari refluks asam lambung yang biasanya menyebabkan iritasi pada dinding esofagus.

Oleh karena temuan klinis ini, tanaman ini sudah diproduksi dalam bentuk obat herbal terstandar. Sediaan obat dalam bentuk pil dan cairan sudah banyak ditemukan di Amerika Serikat. Untuk negara Indonesia juga sudah mulai berkembang. Biasanya kandungannya adalah Deglycyrrhizinated licorice atau DGL.

4. Terapi Alami Lainnya

Obat alami asam lambung dari tumbuhan sebenarnya masih banyak. Beberapa diantaranya dipergunakan untuk mengatasi heartburn dan gejala GERD berdasarkan pengalaman selama berabad-abad. Namun, sampai saat ini masih sedikit bukti ilmiah yang mendukungnya. Hal ini bukan berarti fungsi tanaman tersebut tidak ada bagi organ lambung, melainkan penelitian ke arah tersebut belum banyak tersedia atau masih jarang dilakukan.

Beberapa contoh tumbuhan herbal yang penelitiannya masih terbatas tetapi memiliki bukti dan pengalaman yang positif antara lain: Catnip, adas, akar marshmallow, dan pepaya. Tumbuhan obat lambung dan saluran cerna ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang terdahulu untuk pengobatan masalah perut. Silahkan dicoba dengan tetap terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda.

Nah, itu tadi rincian pembahasan mengenai jenis-jenis tumbuhan herbal untuk asam lambung sebagai obat alami yang cukup sering digunakan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya pada pasien GERD.

  • Pustaka:
    • DrZuhdy.com, 2019: Penyakit Asam Lambung
    • https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/herbal-remedies-for-heartburn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here