Kode ICD 10 GEA Akut

0
39
Kode ICD 10 GEA Akut
Rincian Kode Diagnosis ICD 10 GEA Akut

Berikut ini adalah rincian kode icd 10 gea akut untuk digunakan dalam pengaplikasikan kode diagnosis di Pcare BPJS Kesehatan. Silahkan gunakan dengan sebaik-baiknya dan nikmati juga penjelasan informasi seputar penyakitnya.

Rincian Kode Diagnosis ICD 10 GEA Akut

Gastroenteritis Akut (GEA) atau yang sering disebut dengan “flu perut” adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada lambung dan usus, yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit.

Gejala utama dari GEA mencakup diare, muntah, demam, nyeri ulu hati, serta kehilangan nafsu makan yang bisa mirip dengan gejala penyakit lain, sehingga memerlukan evaluasi medis untuk diagnosis yang tepat​​.

International Classification of Diseases, Tenth Revision (ICD 10) mengkategorikan GEA ke dalam beberapa kode berdasarkan penyebabnya, seperti infeksi virus (contohnya A09 untuk gastroenteritis dan kolitis infeksi tak spesifik), bakteri (contohnya A02.0 untuk Salmonella enteritis), dan parasit (contohnya A07.2 untuk giardiasis dengan gastroenteritis). Kode ICD-10 juga mencakup kondisi akibat non-infeksi dan efek samping obat-obatan​​​​.

Penanganan GEA umumnya terfokus pada rehidrasi untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare dan muntah. Pada kasus yang lebih parah, mungkin diperlukan cairan intravena di rumah sakit. Penggunaan obat anti-muntah dan obat antimotilitas bisa dipertimbangkan berdasarkan gejala yang dialami pasien. Selain itu, menghindari makanan yang bisa memperburuk gejala dan menjaga kebersihan merupakan langkah penting dalam penanganan GEA​​.

Penting untuk memahami bahwa gastroenteritis viral akut biasanya bersifat self-limited dan tidak memerlukan terapi spesifik selain penggantian cairan dan nutrisi. Pencegahan melalui edukasi tentang sanitasi, kebersihan makanan dan minuman, serta vaksinasi rotavirus untuk anak-anak, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya GEA​​.

Diagnosis GEA dilakukan melalui anamnesis, pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan, pemeriksaan feses untuk mengidentifikasi penyebab spesifik infeksi. Dalam kasus tertentu, dokter mungkin juga melakukan tes tambahan seperti sigmoidoskopi untuk memeriksa bagian bawah usus besar​​.

Penggunaan kode ICD 10 dalam diagnosis dan penanganan GEA memudahkan dokter dalam mencatat dan mengelola kasus gastroenteritis akut, serta memfasilitasi komunikasi antara tenaga kesehatan dalam sistem perawatan kesehatan global​​.

Sumber : Kode ICD 10 GEA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini