Home Kode ICD 10 Berapa Kode ICD 10 ISK Kronis?

Berapa Kode ICD 10 ISK Kronis?

0
33
Nomor Kode ICD 10 ISK Kronis
Rincian Kode ICD 10 ISK Kronis

Berapakah kode ICD 10 ISK kronis? Silahkan simak rincian uraiannya berikut ini.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi yang dapat mempengaruhi berbagai bagian dari sistem kemih, termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Pengkodean medis untuk ISK menggunakan sistem International Classification of Diseases, edisi ke-10 (ICD-10), yang memungkinkan praktisi kesehatan untuk mengklasifikasikan dan mendokumentasikan kondisi ini secara spesifik.

Kode ICD-10 untuk ISK secara umum adalah N39.0, yang merujuk pada infeksi saluran kemih tanpa lokasi spesifik yang ditentukan​​.

Simak Juga : Kode ICD 10 ISK Berulang

Variasi Kode ICD-10 untuk ISK

Kode ICD-10 untuk ISK mencakup berbagai kondisi, termasuk:

  • N30.2 untuk sistitis kronis, yang menunjuk pada infeksi berulang atau jangka panjang pada kandung kemih​​.
  • N00-N03, N05, N10, N11, N12 untuk kondisi yang berkaitan dengan nefritis, atau infeksi ginjal, yang dibedakan menjadi akut, kronis, tidak spesifik, dan lainnya​​.
  • N30.0-N30.9 untuk sistitis, dengan variasi kode yang mencakup kondisi seperti sistitis akut, kronis, iradiasi, dan tidak spesifik​​.

Baca Juga : Kode ICD 10 ISK Komplikata

Gejala dan Penyebab ISK

ISK dapat menyebabkan berbagai gejala, tergantung pada bagian dari saluran kemih yang terinfeksi. Gejala umum meliputi nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, perubahan warna atau bau urine, nyeri perut bagian bawah, dan, dalam kasus yang lebih serius, demam tinggi dan mual​​.

Bakteri Escherichia coli (E. coli) adalah penyebab paling umum dari ISK, meskipun kondisi ini juga dapat disebabkan oleh bakteri lain seperti Klebsiella, Proteus, dan Staphylococcus​​.

Simak Juga : Kode ICD 10 ISK Pada Anak

Pencegahan dan Pengobatan ISK

Pencegahan ISK meliputi langkah-langkah seperti minum cukup air, menjaga kebersihan pribadi, menghindari menahan buang air kecil, dan menjaga kebersihan sebelum dan sesudah aktivitas seksual.

Pengobatan untuk ISK umumnya melibatkan penggunaan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, dengan pentingnya mengikuti resep dokter secara tepat untuk menghindari resistensi antibiotik​​.

Kesimpulan

Pengetahuan tentang kode ICD 10 yang spesifik untuk berbagai jenis ISK sangat penting bagi praktisi kesehatan untuk diagnosis yang akurat dan manajemen kondisi ini.

Mengenali gejala dan memahami penyebab umum ISK dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan yang efektif. Untuk informasi lebih lanjut tentang kode ICD-10 untuk ISK, Anda dapat mengunjungi sumber terpercaya seperti drzuhdy.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here