Kode ICD 10 Kejang Demam

0
232

Halo Sobat Decorvills.net! Kali ini kita akan membahas tentang kode ICD 10 kejang demam. Sebelum masuk ke pembahasan tentang kode ICD 10 ini, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu kejang demam.

Apa itu Kejang Demam?

Kejang demam adalah kondisi kejang yang terjadi pada anak akibat suhu tubuh yang tinggi, biasanya di atas 38 derajat Celsius. Kejang demam sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun dan lebih umum terjadi pada anak-anak laki-laki. Meskipun kejang demam dapat terlihat menakutkan, namun biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.

Kejang demam dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Ketika sistem kekebalan tubuh anak bereaksi terhadap infeksi tersebut, maka suhu tubuh akan meningkat dan dapat menyebabkan kejang. Meskipun begitu, kejang demam dapat pula terjadi pada anak yang tidak sedang mengalami infeksi.

Kode ICD 10 Kejang Demam

Setelah memahami apa itu kejang demam, kita bisa lanjut ke pembahasan tentang kode ICD 10 untuk kejang demam. ICD 10 adalah singkatan dari International Classification of Diseases 10th revision. Kode ICD 10 digunakan untuk mengklasifikasikan diagnosis dan prosedur medis.

Untuk kejang demam, kode ICD 10 yang digunakan adalah R56.8. Kode ini masuk ke dalam kategori “Other and unspecified convulsions”. Dalam kategori ini juga termasuk kejang yang tidak spesifik dan kejang non-epilepsi.

Frequently Asked Questions (FAQ)

PertanyaanJawaban
Apakah kejang demam berbahaya?Kejang demam biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.
Apakah semua anak dengan suhu tinggi akan mengalami kejang demam?Tidak. Kejang demam hanya terjadi pada sebagian kecil anak yang mengalami demam.
Bagaimana cara mengatasi kejang demam?Letakkan anak di tempat yang aman dan jangan mencoba menghentikan kejang. Setelah kejang berhenti, berikanlah minum air putih sedikit-sedikit dan periksakan anak ke dokter untuk mengetahui penyebab demam.

Kesimpulan

Kejang demam adalah kondisi kejang yang terjadi pada anak akibat suhu tubuh yang tinggi. Kode ICD 10 untuk kejang demam adalah R56.8 yang masuk ke dalam kategori “Other and unspecified convulsions”. Meskipun kejang demam biasanya tidak berbahaya, namun sebaiknya tetap periksakan anak ke dokter untuk mengetahui penyebab demam. Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan kebersihan, Sobat Decorvills.net!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini