Home Info Kesehatan Kesehatan Telinga Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran

Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran

0
202
obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran serumen prop
obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran serumen prop. Sumber gambar: www.sanbe-farma.com

Anda mencari pilihan obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran yang mengeras dan menumpuk? Kami akan bagikan informasinya di bawah ini. Namun sebelumnya, mari simak ulasan singkat tentang kotoran telinga.

Gangguan Akibat Kotoran Telinga

Terdapat dua jenis kotoran telinga, yaitu kotoran telinga basah dan kering. Kotoran telinga ini lebih dikenal sebagai serumen dalam bahasa medis.

Sebenarnya serumen ini memiliki manfaat dalam sistem pendengaran, salah satunya adalah memberikan perlindungan organ-organ pendengaran (khususnya telinga bagian tengah) dari bakteri dan benda asing yang datang dari luar. Namun, bila jumlahnya terlampau banyak dan menumpuk justru akan mendatangkan berbagai masalah.

Kotoran telinga yang basah akan menjadi kering bila terlalu lama di saluran telinga. Pada keadaan kering, kotoran ini akan cenderung menumpuk dan menyebabkan penyumbatan yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Sumbatan ini sering dikenal dengan istilah serumen prop.

Beberapa gangguan yang muncul ketika serumen prop teradi, antara lain:

  • Kemampuan mendengar menurun
    • Kemampuan manusia untuk mendengar juga bergantung kepada rambatan suara di liang telinga dan tulang-tulang pendengaran serta sekitar telinga. Dengan adanya serumen prop maka secara otomatis akan mengganggu proses rambatan suara ini. Terkadang juga akan mencetuskan bunyi bising pada telinga.
  • Iritas dan infeksi
    • Penumpukan kotoran telinga yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan infeksi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bakteri di sekitarnya. Seringkali pasien berusaha mengorek-ngorek telinga untuk mengeluarkan kotoran karena sudah terasa gatal. Hal ini akan menyebabkan iritasi yang berkemungkinan berkembang menjadi infeksi.

Pilihan Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran

Berikut ini kami bagikan informasi mengenai jenis obat tetes telinga yang bisa digunakan untuk melunakkan kotoran telinga yang keras sehingga mudah dikeluarkan atau keluar dengan sendirinya. Kami membuat pilihan obat-obatan yang berjenis obat bebas sehingga mudah dicari di apotik.

1. Forumen Ear Drops

Forumen ear drops memiliki kandungan Natrium Docusate yang dikenal sebagai obat yang membantu mengeluarkan kotoran telinga (serumen). Obat ini berbentuk cairan yang diteteskan untuk mengencerkan kotoran yang ada di telinga sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Mekanisme kerja natrium dokusat ini adalah dengan memanfaatkan prinsip tegangan permukaan. Obat ini mempunyai tegangan permukaan yang rendah dan mudah bercampur. Hal ini akan menyebabkan proses penetrasi obat ke massa serumen yang keras dan kering menjadi lebih basah dan encer. Serumen akan berubah dari materi yang keras dan padat menjadi lebih semi-padat. Konsistensi serumen yang semi padat akan lebih mudah dan memungkinkan untuk serumen dikeluarkan.

Petunjuk Pemakaian

Cara penggunaan obat tetes ini adalah dengan cara langsung meneteskannya ke salah satu telinga yang memiliki kotoran telinga yang keras. Pertahankan posisi miring dalam beberapa menit agar obat yang diteteskan tidak langsung keluar. Setelah beberapa menit miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan.

Pada konsistensi yang cair, ini dapat menjadi cara mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek karena serumen dapat mengalir keluar dengan sendirinya. Bilamana tidak keluar maka Anda bisa meminta bantuan kerabat untuk membersihka liang telinga. Bila ragu maka silahkan meminta bantuan tenaga medis di fasilitas kesehatan terdekat.

Silahkan gunakan tetes telinga secukupnya (1-2 tetes). Jangan gunakan lebih dari 2 malam berturut-turut. Jangan menggunakan obat tetes ini bilamana Anda pernah mengalami penyakit infeksi telinga bagian tengah yang menyebabkan kerusakan gendang telinga. Tanda kerusakan gendang telinga adalah keluar air atau nanah setiap kali mengalami iritasi, radang, atau infeksi pada tenggorokan.

Pada keadaan yang jarang, beberapa orang mengalami rasa seperti tersengat atau iritasi setelah meneteskan obat. Bila mengalami hal ini maka segera hentikan pemakaian obat lalu ke fasilitas kesehatan terdekat.

2. Jenis Serumenolitik Tetes (Pelunak Serumen) Yang Lain

Pilihan tetes telinga lainnya bisa Anda lihat di bawah ini. Kami tidak menyebutkan mereknya, tetapi bahan atau zat yang terkandung di dalamnya. Beberapa diantara obat tetes kotoran telinga yang keras, antara lain:

  1. Tetes telinga dengan bahan dasar minyak (oil based solution), semisal trietanolamin polipeptida, dan benzokain. Tetes telinga ini akan meningkatkan lubrikasi dari serumen.
  2. Tetes telinga menggunakan bahan dasar air (water based solution) contohnya hydrogen peroksida (H2O2) 3%, Asam asetat 2%, natrium klorida 0,9%, air atau natrium bikarbonat 10%. Tetes telinga ini bisa meningkatkan kelarutan serumen.
  3. Larutan selain minyak dan air (non oil non water based solution) semisal karbamid peroksida, gliserol, karbogliserin 10%.

Nah, itu tadi beberapa jenis dan merk obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran atau serumen yang mengalami pengerasan dan penyumbatan. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here