Cara Mengobati Pendengaran Yang Kurang Jelas

cara mengobati pendengaran yang kurang jelas
Bagaimana cara menyembuhkan pendengaran yang kurang jelas?

Apakah Anda mengalami masalah pendengaran dan mencari informasi cara mengobati pendengaran yang kurang jelas tersebut? Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan nya kepada Anda. Silahkan simak dengan seksama.

Namun, sebelum mendalami pengobatan pendengaran yang kurang jelas tersebut maka harus paham terlebih dahulu tentang penyebab gangguan pendengaran nya. Dengan mengetahui penyebab maka dapat dengan mudah menentukan pengobatan definitif nya.

Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran adalah suatu kondisi atau penyakit yang menyebabkan timbulnya gangguan pada proses mendengar. Banyak hal yang menjadi penyebab, seperti mulai dari sering terpapar suara bising dalam periode yang lama hingga masalah pada sistem saraf pendengaran.

Telinga adalah organ yang sangat penting dalam proses penghantaran dan penerimaan suara dan bunyi. Bagian telinga terdiri atas telinga dalam, tengah, dan luar.

Sewaktu ada masalah pada salah satu, kombinasi, keseluruhan dari ketiga bagian tersebut maka akan muncul gangguan dalam prosedur mendengar. Suara akan terdengar tidak jelas atau bahkan terdengar tidak ada suara sama sekali.

Penyebab Gangguan Pendengaran

Terdapat 3 macam gangguan pendengaran, yaitu masalah pendengaran konduktif, sensorineural, dan campuran. Anda harus memahami ketiga hal ini sebelum mengetahui cara pengobatannya.

1. Gangguan Pendengaran Konduktif

Masalah pendengaran konduktif muncul sewaktu proses penghantaran suara atau bunyi mengalami gangguan secara konduktif. Beberapa gangguannya berupa:

• Terdapat tumpukan cairan pada saluran telinga yang sering terjadi akibat penyakit rhinitis atau pilek.
  • Penyakit infeksi pada telinga bagian tengah (istilah medis nya adalah otitis media).
  • Penyakit infeksi pada telinga bagian luar (istilah kedokteran nya ialah otitis eksterna).
  • Kerusakan atau masalah pada saluran tuba eustacius (saluran penghubung telinga dengan tenggorokan dan hidung).
  • Robekan pada gendang telinga (istilah medis nya ialah perforasi membran timpani).
  • Tumor pada jaringan telinga, semisal kolesteatoma.
  • Tumpukan kotoran telinga yang menimbulkan sumbatan (istilah kedokteran nya adalah serumen prop).
  • Terdapat benda asing pada saluran telinga, semisal serangga, batu, dan lain sebagainya.
  • Kelainan bawaan pada telinga atau malformasi telinga. Contoh kasusnya adalah mikrotia yaitu pembentukan daun telinga tidak sempurna atau tidak terjadi. Contoh yang lain seperti kelainan pada tulang pendengaran.
  • Penyakit pada tulang pendengaran, semisal otosklerosis.

2. Gangguan Pendengaran Sensorineural

Masalah pada pendengaran sensorineural muncul bila timbul kerusakan pada telinga bagian dalam. Selain itu, juga bisa timbul ketika ada gangguan pada jalur saraf antar telinga bagian dalam dan otak. Terdapat berbagai keadaan dan penyakit yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran sensorineural, antara lain:

• Penyakit khas, semisal meniere atau penyakit autoimun yang menyerang telinga bagian dalam dan persarafan telinga.
  • Pemakaian jenis obat yang dapat menimbulkan dampak pada telinga, semisal antibiotika aminoglikosida, obat regimen kemoterapi, aspirin dengan dosi yang tinggi, dan diuretika loop.
  • Keadaan genetika tertentu dalam keluarga.
  • Gangguan dalam proses pembentukan telinga bagian dalam.
  • Akibat penuaan (istilah medis nya adalah prebiskusis).
  • Riwayat trauma fisik atau cedera pada bagian kepala.
  • Sering terpapar suara keras atau bising dalam periode waktu yang lama, semisal bekerja pada pabrik yang sangat bising.

3. Gangguan Pendengaran Campuran

Sesuai dengan namanya maka masalah ini timbul ketika terjadi gangguan pada pendengaran konduktif dan sensorineural. Bilamana mengalami kondisi ini maka telah terjadi kerusakan pada bagian telinga luar, tengah, dan dalam termasuk bagian persarafan yang mengarah ke otak.

Cara Mengobati Pendengaran Yang Kurang Jelas

Nah, setelah tahu akan apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pendengaran kurang jelas sebelumnya, maka akan mudah menentukan cara pengobatan nya. Sebagian besar metode pengobatan pendengaran yang kurang jelas ini menjadi tanggung jawab dokter. Kami akan merincikan nya untuk menambah pengetahuan kesehatan Anda.

1. Kotoran Telinga

Bilamana penyebab pendengaran yang kurang jelas adalah penumpukan kotoran telinga maka harus melalui pengenceran dan pengeluaran kotoran telinga tersebut. Anda dapat menggunakan obat tetes karbogliseril untuk membantu melunakkan kotoran tersebut.

Kotoran dapat keluar dengan sendirinya bila telah lunak. Namun, bila tidak keluar, kami rekomendasikan ke fasilitas layanan kesehatan untuk mengelurkannya dengan aman dan nyaman.

2. Infeksi Telinga

Penyakit infeksi telinga harus mendapatkan terapi antibiotika yang benar dan sesuai. Jangan sembarangan dalam memberikan antibiotika. Mengapa? Oleh karena seperti pembahasan sebelumnya, bahwasanya ada beberapa jenis obat tertentu yang justru memberikan efek samping pada pendengaran. Silahkan datangi fasilitas pelayanan kesehatan dekat tempat tinggal Anda.

3. Metode Pengobatan Lainnya

• Prosedur operasi pada kelainan gendang atau tulang telinga.
  • Menyesuaikan dosis atau mengganti obat yang menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Mengobati penyakit lain yang mencetuskan timbulnya masalah pendengaran.
  • Memanfaatkan alat bantu dengar dalam proses hantaran suara.
  • Pemasangan implan koklea untuk merangsang persarafan telinga. Ini biasanya diterapkan pada pasien dengan saraf auditori yang normal, akan tetapi tetap membaik pendengaran nya walaupun telah menggunakan alat bantu dengar.
  • Pemasangan implan auditori batang otak yang membantu pengiriman sinyal listrik langsung kepada otak menggunakan kabel khusus.
  • Pemasangan implan telinga bagian tengah yang bertujuan untuk memperkuat gelombang suara agar dapat terdengar jelas.
  • Memakai assistive listening devices (ALDs). Alat ini membantu supaya suara musik, telpon, televisi langsung tersambung ke alat bantu dengar.
  • Melatih adaptasi terhadap kondisi gangguan pendengaran. Ini diterapkan pada pasien yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan yang diberikan (termasuk pada gangguan pendengaran pada orang lanjut usia). Melatih adaptasi dapat dilaksanakan dengan melatih penggunaan bahasa isyarat, membaca bibir, dan sejenisnya.

Nah, itu tadi tulisan tentang tips bagaimana cara mengobati pendengaran yang kurang jelas sesuai dengan penyebab gangguan pendengaran nya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.