Home Uncategorized Tips Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

Tips Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

0
414
Tips Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah
Sumber gambar: drzuhdy.com

Tutorial tips cara mendapatkan kartu sembako dengan mudah. Kartu sembako ini juga dikenal denga bantuan pangan non tunai (BNPT). Ini adalah suatu jenis bantuan sosial pangan yang didistribusikan secara non-tunai tiap bulannya. Target bantuan ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk diketahui, bahwa sebenarnya ada 6 jenis bantuan yang diperpanjang hingga tahun 2021 ini. Apakah Anda berhak mendapatkannya? Bila iya, masa sih belum dapat salah satunya. Baca di tautan ini: 6 Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai Diperpanjang Hingga 2021, Ayo Daftar!

Saat ini BNPT ini juga dikenal dengan nama kartu sembako. Kartu sembako merupakan jenis bantuan bersifat sosial yang diselenggarakan pemerintah Indonesia untuk mengurangi dampak negatif dari pandemi COVID-19 pada golongan ekonomi lemah. Kartu sembako ini diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pokok dasar pangan dari masyarakat miskin yang ekonominya terganggu akibat pandemi virus corona.

Sebelum ini, kebutuhan pangan pokok yang diperoleh dari bantuan ini adalah komoditas beras dan telur. Namun, pada masa ini komoditasnya lebih memiliki variasi. Tidak hanya beras, tetapi juga jenis karbohidrat yang lain. Selain itu, jenis protein bukan hanya telur melainkan juga protein nabati, buah, dan sayur-mayur.

Untuk kartu sembako, kuota keluarga penerima manfaat mengalami peningatan, dari 15,2 juta KPM jadi 20 juta KPM. Jumlah besaran manfaat juga naik dari 150 ribu rupiah per KPM per bulan pada bulan Januari-Februari menjadi 200 ribu rupiah tiap KPM setiap bulannya pada bulan Maret-Desember. Untuk berikutnya kita nantikan informasi selanjutnya apakah dinaikkan kembali atau tetap pada angka Rp 200.000,-

Pada masa sata ini, pemerintahan Indonesia membuat penyesuaian penerima, besaran, dan waktu penerimaan agar bantuan sosial ini benar-benar tepat guna. Oleh karena banyak sekali laporan bantuan sosial dan bantuan langsung tunai tidak tepat sasaran dan dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Tutorial Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

Lantas sesuai dengan judul artikel kita, bagaimana cara memperoleh kartu sembako ini? Berikut ini kami rincikan langkah dan caranya.

  1. Proses pendaftaran peserta keluarga penerima manfaat (KPM) diselenggarakan oleh Kementerian Sosial.
  2. Calon KPM akan memperoleh surat yang memberitahu bagaimana teknis pendaftaran pada lokasi dan tempat yang sudah ditentukan.
  3. Proses pendaftaran dilaksanakan secara offline untuk calon KPM.
  4. Data yang sudah diisi oleh calon KPM akan diproses secara sinergis dan paralel oleh pihak bank (kelompok himpunan bank milik negara), kantor kelurahan, dan kantor walikota/ bupati.
  5. Calon KPM diharuskan membawa berkas dan data semisal kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), nomor induk kependudukan (NIK), dan kode unik keluarga/ individu yang didapat dari data terpadu.
  6. Data akan diverifikasi.
  7. Setelah proses verifikasi selesai maka penerima bantuan sosial ini akan dibuatkan rekeningnya di bank dan berhak memperoleh Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  8. Penerima bantuan sosial ini yang sudah mempunyai KKS bisa langsung mendatangi e-warong (elektronik warung gotong royong) terdekat dari domisilinya.

Nah, itu tadi ulasan dan rincian mengenai bagaimana tips cara mendapatkan kartu sembako dengan mudah. Silahkan bagi Anda yang berhak atau melihat orang lain berhak atas bantuan ini maka pahami cara dan langkah pencairannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Baca juga informasi tentang bantuan pemerintah ini: Cara Mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM Mulai Dari Awal Hingga Memperoleh SMS Notifikasi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here