Home Coronavirus Bantuan Pemerintah Cara Mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM Mulai Dari Awal Hingga Memperoleh SMS...

Cara Mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM Mulai Dari Awal Hingga Memperoleh SMS Notifikasi

29
440
Cara Mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM Mulai Dari Awal Hingga Memperoleh SMS Notifikasi
Sumber gambar: Wikimedia Creative Commons

Artikel ini akan berbagi informasi seputar tutorial cara mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM mulai dari awal hingga memperoleh SMS notifikasi. Info ini cukup penting bagi para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang belum mendapatkan bantuan bantuan presiden ini. Mari disimak dengan baik.

Sebelum membahas, kami beritahukan bahwasanya sebenarnya ada beberapa jenis bantuan dari pemerintah. Apakah Anda sudah mendapatkan salah satunya? Bila belum silahkan baca informasinya pada tautan ini: Daftar Lengkap Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Tutorial Cara Mendaftar BLT Banpres BPUM UMKM Pertama Sekali Sampai Dapat SMS Pemberitahuan.

Pada saat ini, proses pendaftaran tidak dilakukan via jaringan online lagi. Pemerintah telah memilih jalur offline dengan cara mendatangi langsung kantor instansi pemberi usul secara langsung. Namun begitu, pada sebagian kecil daerah masih ada yang berjalan secara online.

Meskipun begitu, proses konfirmasi kepastian penerima ke bank penyalur masih dilaksanakan menggunakan jaringan internet (online). Proses konfirmasi tersebut bisa melalui Bank BRI dengan fasilitas eform BRI nya. Hal ini akan membutuhkan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Tentunya hal ini bisa diproses setelah calon penerima memperoleh SMS notifikasi.

Syarat Untuk Memperoleh Bantuan Presiden BPUM UMKM

Pasti banyak yang bertanya, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan jenis bantuan ini. Beberapa persyaratannya, antara lain:

  • Merupakan warga negara Indonesia.
  • Tidak merupakan pegawai negeri sipil (PNS/ ASN), anggota tentara nasional Indonesia (TNI)/ polisi Republik Indonesia (POLRI), maupun pegawai badan usaha milik negara (BUMN) dan BUMD.
  • Tidak dalam peminjaman kredi, termasuk kredit usaha rakyat (KUR) dari bank. Di sini pemerintah berupaya untuk memberikan bantuan kepada pemilik UMKM yang memang sama sekali belum pernah mendapatkan pinjaman dari pihak bank.
  • Bagi para pemilik UMKM yang lokasi usahanya berbeda dengan alamat yang tercantum di dalam KTP maka harus terlebih dahulu mengurus surat keteranga usaha (SKU).

Instansi Yang Berwenang Dalam Proses Pendaftaran

Kemana Anda harus pergi membawa persyaratan yang dirincikan di atas? Silahkan Anda mengunjungi beberapa lembaga atau instansi yang telah ditunjuk dan diberikan wewenang dalam proses pendaftaran bantuan ini. Berikut ini adalah lembaganya:

  • Dinas yang membawahi bidang koperasi dan UMKM
  • Koperasi yang telah resmi jadi suatu badan hukum
  • Kementerian atau lembaga koperasi
  • Perbankan atau pun perusahaan yang telah ada dalam daftar otoritas jasa keuangan (OJK)

Pesan Singkat Pemberitahuan dan Notifikasi

Bagi para pendaftar BPUM BLT Banpres ini dan dinyatakan lulus akan memperoleh pesan singkat pemberitahuan tentang status penerimaan. Layanan pesan singkat ini berasal dari bank-bank penyaklur seperti Bank Syariah Mandiri, BNI, dan BRI.

Bagaimana contoh bunyi SMS nya? Berikut ini kami sajikan salah satu contoh layanan pesan singkat notifikasi diterimanya menjadi penerima BPUM.

“Nasabah yang terhormat …, pemilik nomor rekening …, Anda telah terdaftar sebegai penerima Banpres Produktif (BPUM). Silahkan menghubungi Bank BRI terdekat untuk melakukan proses verifikasi dan pencairan.”

contoh sms notifikasi

Bagi pendaftar yang belum dinyatakan lulus dan menerima bantuan ini akan menerima layanan pesan singkat dengan bunyi: “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Nah, setelah calon pendaftar mempersiapkan dan memenuhi semua persyaratan di atas maka buatlah catatan NIK, nama lengkap, alamat domisili (harus sesuai dengan KTP), jenis bidang usaha, nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi pada selembar kertas. Dengan melakukan hal ini maka akan memudahkan dalam proses pendafataran.

Sebelumnya kami mengucapkan selama bila nantinya Anda menerima sms pemberitahuan tersebut. Silahkan mendatangi kantor BRI terdekat atau konfirmasi secara online di situs Bank BRI. Kemudian kunjungi bank untuk proses pencairan. Bagaimana caranya?

  • Kunjungi tautan situs eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan nomor identittas Anda (KTP dan NIK)
  • Masukkan kode verifikasi yang sudah terlihat.
  • Pilihlan menu Proses Inquiry
  • Sehabis ini, akan muncul status pendaftaran BLT banpres UMKM atau BPUM Anda.

Proses Pencairan Dana

Setelah mendafatkan SMS di atas maka kunjungilah Bank BRI terkait. Anda diharuskan mendatangi bank penyalur dana bantuan terdekat. Pihak bank akan mengarahkan dan memberikan bantuan kepada Anda. Proses pencairan akan berlangsung semakin mudah.

Nah, itu tadi langkah dan cara mendaftar BLT banpres BPUM UMKM mulai dari awal hingga memperoleh SMS notifikasi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga info terkait: cara daftar bantuan sosial tunai

29 COMMENTS

  1. Blt umkm tahap 3 kapan dibuka dan minta alamat linknya untuk kabupaten tasikmalaya soalnya yang punya usaha kecil belum dapat bantuan terimakasih.

    • Saya sudah daftar malah sempat di panggik ke kecamatan untuk ferifikasi tp blm ada panggilan lagi padahal saya tggl di daerah jkrt sampe skrg blm dpt apakah ada solusi biar atokah yg dpt hanya yg pnya no rek saja mksh sblm nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here