Program Kartu Prakerja

0
309
syarat dan cara daftar program kartu prakerja
Begini syarat dan cara daftar program kartu prakerja. Sumber gambar: DrZuhdy.com

Informasi program kartu prakerja dalam serial bantuan pemerintah. Bantuan 3,55 juta rupiah cukup mudah untuk didapatkan dengan cara mengisi data diri dan memasukan nomor KTP (kartu tanda penduduk). Info penting ini harus pembaca ketahui karena bantuan ini dicairkan pada awal tahun 2021 ini.

Bantuan ini adalah program Kartu Prakerja gelombang XII. Ini adalah program lanjutan dari tahun lalu sampai pada tahun 2021 ini. Sebenarnya ada jenis bantuan pemerintah lainnya, masa sih Anda belum mendapatkannya. Silahkan simak pembahasannya di tautan ini: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai Yang Bisa Kamu Dapatkan

Ulasan Program Kartu Prakerja

Tingginya antusias warga Indonesia yang mengikuti program Kartu Prakerja membuat manajemen pelaksana program kartu prakerja melanjutkannya di tahun 2021. Di tahun ini pihak manajemen telah mengatur pembukaan gelombang ke-12 pendaftaran Kartu Prakerja. Bagi Anda yang sudah melakukan pendaftaran di tahun 2020 maka tidak perlu melewati proses pendaftaran lagi.

Namun, pengumuman pembukaan pendaftaran belum bisa diumumkan ke khalayak ramai. Pihak manajemen masih membahas hal ini. Mereka berjanji akan segera mengumumkan jadwal pendaftaran bila sudah ada. Jadwal pendaftaran dan bagaimana mekanisme program yang nantinya akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja.

Untuk Anda ketahui bahwasanya program Kartu Prakerja diselenggarakan bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang belum punya pekerjaan atau kehilangan pekerjaan karena pandemi virus Corona. Mereka yang telah lulus seleksi akan memperoleh insentif yang mana bisa melakukan akses berbagai macam pelatihan.

Terhitung sampai dengan tanggal 23 November 2020, para penerima Kartu Prakerja sudah sebanyak 5,6 juta orang. Angka ini dihitung mulai dari tanggal 11 April 2020. Total jumlah pendaftar mulai dari gelombang I hingga XI adalah 43 juta orang.

Telah dicatat ada sebanyak 1.663 jenis program latihan yang disiapkan oleh 153 instansi pelatihan. Jika bisa lulus, peserta akan memperoleh dana bantuan sebanyak 3,55 juta rupiah untuk menstimulasi cipta kerja.

Secara detailnya, peserta akan memperoleh uang bantuan latihan sejumlah 1 juta rupiah, insentif setelah pelatihan sebesar 600 ribu rupiah selama 4 bulan berturut-turut, dan insentif survei sebanyak 50 ribu rupiah sebanyak 3 kali. Total keseluruhan, pemberintah memberikan bantuan dana sebanyak 20 triliun rupiah pada program ini. Keseluruhannya, pemerintahan membagikan dana sejumlah Rp 20 triliun untuk program itu.

Langkah dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Untuk yang bingung bagaimana cara daftar Kartu Prakerja, dapat baca beberapa rincian langkah berikut ini.

  1. Buat akun Kartu Prakerja
    • Silahkan kunjungi www.prakerja.go.id
    • Pilihlah menu “Daftar Sekarang“.
    • Isikan nama lengkap Anda, alamat email, dan password (harus diingat).
    • Periksa email yang masuk dari situs prakerja ini untuk melakukan konfirmasi akun.
    • Setelah proses konfirmasi selesai maka balik kembali ke situs www.prakerja.go.id.
  2. Isikan data diri
    • Silahkan inputkan email dan password.
    • Isikan nomor kartu tanda penduduk (KTP) dan juga tanggal kelahiran.
    • Lengkapi data diri selengkap-lengkapnya, semisal alamat domisili, dan lain sebagainya.
    • Unggah photo KTP.
    • Isikan nomor telefon dan kote OTP yang telah dikirimkan ke nomor smartphone Anda.
  3. Jalani tes motivasi dan kemampuan dasar
    • Ikuti proses ujian dengan melakukan “Mulai Sekarang“.
    • Persiapkan alat tulis tes online yang biasanya berlangsung dalam waktu 15 menit.
    • Setelah seslesai, silahkan tunggu email notifikasi dari Kartu Prakerja.
    • Jika sudah memeperoleh e-mail, selekasnya kembali pada web untuk tergabung ke gelombang registrasi yang disediakan.

Nah, itu tadi pembahasan tentang program kartu prakerja dari pemerintahan Indonesia. Silahkan nantikan update informasi berikutnya. Semoga bermanfaat.

Simak info bantuan lainnya: Cara Mendapatkan Kartu Sembako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here