Bantuan Pemerintah Rp 10 Juta Melalui Bank BRI

0
219
Bantuan Pemerintah Rp 10 Juta Melalui Bank BRI
Bantuan Pemerintah Rp 10 Juta Melalui Bank BRI. Gambar oleh: Mohamad Trilaksono dari Pixabay Free License

Informasi bantuan pemerintah Rp 10 juta melalui bank BRI, buruan lengkapi persyaratannya! Pemerintah masih terus memberikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat untuk menstabilkan kondisi ekonomi nasional. Ada bantuan sebesar 10 juta rupiah yang didistribusikan melalui bank BRI bila memenuhi persyaratan.

Bantuan ini bersifat pinjaman untuk usaha berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro. Bantuan ini diperuntukkan khusus alumni kartu prakerja gelombang ke-1 hingga 12 pada tahun 2020 yang telah memutuskan untuk menjalankan wirausaha setelah memperoleh pelajaran dari pelatihan. (Simak juga: Jenis dan Cara Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja)

Bantuan KUR Super Mikro

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kemenko Perekonomian, Bapak Rudy Salahuddin menjelaskan bahwasanya pada dialog Kartu Prakerja terdapat sebanyak 5,9 juta orang yang menerima SK kartu prakerja. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menambahkan bahwasanya 35 persen penerima kartu prakerja yang sebelumnya tidak bekerja kini sudah menjadi wirausahawan sebanyak 17 persennya.

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja

Berdasarkan hal tersebut, jumlah alumni kartu prakerja yang menjalankan wirausaha sebanyak 19.500 orang. Orang-orang ini lah yang memiiki kesempatan mendapatkan KUR super mikro sejumlah 10 juta rupiah. Bila Anda termasuk di dalamnya maka silahkan simak tips bagaimana cara memperoleh bantuan pemerintah sebesar Rp 10 juta dicarikan lewat bank BRI berikut ini.

Cara Mendapatkan Bantuan Pemerintah Rp 10 Juta Melalui Bank BRI

Bantuan KUR super mikro ini didistribusikan oleh beberapa lembaga pembiayaan, termasuk bank BRI. Para alumni prakerja yang sesuai dengan kriteria dapat mendatangi kantor bank BRI secara langsung atau secara online di www.kur.bri.co.id untuk mengajukan pinjaman ini. Pihak bank BRI tidak menetapkan syarat usia usaha. Jadi, berapa lama pun usia usaha diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman.

Namun, ada beberapa syarat lainnya yang harus dilaksanakan guna mendapatkan bantuan ini, yaitu:

  • Surat keterangan usaha dari kelurahan dan RT/ RW
  • Bersedia menyebutkan jenis usaha dan lama usaha telah dijalankan
  • Bersedia mengikuti pendampingan
  • Bersedia mengikuti pelatihan kewirausahaan atau sejenisnya
  • Usahanya tergabung dalam kelompok usaha
  • Mempunyai anggota keluarga yang menjalankan usaha yang produktif dan layak.

Para alumni prakerja bisa mempunyai plafon hingga sebesar 10 juta rupiah, diterapkan suku bunga efektif senilai 6 persen setiap tahun. Jangka waktu kredit paling lama adalah 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan paling lama 5 tahun bagi Kredit Investasi (KI).

Nah, itu tadi informasi bantuan pemerintah yang berupa pinjaman yang bisa diharapkan mengembangkan usaha yang telah dirintis dari pelatihan prakerja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here