Home Uncategorized Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

4
402
Cara Daftar Kartu Prakerja
Tips Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja. Sumber gambar: DrZuhdy.com

Cara daftar kartu prakerja perlu diketahui bagi Anda yang sebentar lagi ingin mencari kerja. Kartu prakerja merupakan program yang disediakan pemerintah Indonesia untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Melalui program ini diharapkan masyarakat Indonesia yang telah memasuki usia kerja memiliki bekal yang cukup. Klik untuk caranya di bawah ini:

Sebetulnya ada banyak berbagai macam bantuan dari pemerintah. Silahkan Anda pahami dan langsung mendaftar bila memenuhi syarat. Berikut penjelasannya pada link ini: Jenis bantuan sosial dan bantuan langsung tunai

Pada tahun 2020 program kartu prakerja sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Hampir pada setiap gelombang pendaftaran selalu melebihi dari batas kuota yang diberikan. Pembukaan pendaftaran penerimaan kartu prakerja telah mencapai gelombang ke 11. Menurut berita yang beredar pembukan pendaftaran ke 12 akan kembali dibuka pada tahun 2021.

Namun sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah mengenai waktu pembukaan pendaftaran. Dari beberapa informasi mengatakan bahwa hingga saat ini teknis pelaksanaan kartu prakerja gelombang ke 12 masih dalam pembahasan. Oleh sebab itu Anda perlu sedikit bersabar menunggu informasi resmi dari pemerintah. (Update: Saat ini sudah dibuka dan baca dengan seksama cara dan prosedur pendafatran di bawah ini).

Manfaat Memiliki Kartu Prakerja

Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan banyak sekali pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk itu pemerintah mencoba mencari solusi bagaimana untuk menangani hal tersebut. Presiden Jokowi akhirnya memerintahkan untuk pelaksanaan program kartu prakerja dipercepat dari rencana semula.

Manfaat dari kartu prakerja ini sangat banyak. Selain manfaat bagi penerima, kartu prakerja juga memberikan manfaat bagi perusahaan. Program dibiayai oleh negara ini akan meringankan beban yang ditanggung oleh pekerja dan juga perusahaan. Selain itu program ini akan meningkatkan skill para calon pencari kerja.

Dan bagi Anda penerima program kartu prakerja akan diberikan bantuan uang baik ketika sedang atau sesudah melakukan pelatihan. Jika ditotal, uang yang akan didapatkan mencapai Rp 3.550.000. Dengan rincian Rp 1.000.000 untuk pelatihan (termasuk webinar prakerja), insentif setelah pelatihan kartu prakerja sebesar Rp 600.000 selama empat bulan, dan insentif lainnya sebesar Rp 150.000. Oleh sebab itu rasanya wajib bagi Anda untuk mengetahui cara daftar kartu prakerja.

Cara Melakukan Pendaftaran Kartu Prakerja

Untuk dapat mendaftar, ada syarat daftar kartu prakerja yang harus dipenuhi. Untuk melihat detail persyaratannya dapat dilihat di laman https://www.prakerja.go.id. Pendaftaran juga dilakukan secara online melalui laman https://www.prakerja.go.id. Pertama, yang harus dilakukan yaitu membuat akun. Dalam membuat akun Anda harus memilki email dan memasukan nama lengkap sesuai KTP.

Setelah berhasil membuat akun, login terlebih dahulu dengan akun yang dibuat tadi. Anda akan diminta memasukkan email dan juga password. Jika sudah berhasil login, selanjutnya isikan data diri Anda dengan benar. Lakukan verifikasi kartu tanda penduduk (KTP), kemudian klik selanjutnya. Lengkapi data diri yang diperlukan.

Ikuti semua proses yang diperlukan sampai selesai. Pada tahap terakhir Anda akan diminta mengisi lembar pernyataan. Isi semua kolom yang tersedia kemudian klik “Oke”. Tahap selanjutnya Anda wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Kerjakan semua soal sampai selesai.

Setelah selesai mengerjakan tes, tinggal menunggu email pemberitahuan mengenai hasil tes Anda. Bagi Anda yang berminat mendaftar sebaiknya pelajari dengan detail persyaratan dan cara daftar kartu prakerja. (tim penulis)

Baca informasi terkait: Syarat dan Cara Daftar Bantuan PKH dari Kemensos

4 COMMENTS

  1. Apapun jenis bantuan dari Pemerintah, kalau tidak yang disenangi lurah/aparat desa ya percuma pak.
    Semiskin apapun tetap terlihat mampu di mata mereka.
    Ada yang kaya raya bisa jadi miskin di mata mereka dan layak mendapat bantuan. Miskin semakin miskin , Kaya semakin kaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here