Benarkah Asam Lambung Naik Jantung Berdebar Jadinya?

0
210
asam lambung naik jantung berdebar
Penjelasan mengapa muncul jantung berdebar-debar ketika GERD kambuh.

Banyak pasien yang mengeluhkan jantung nya berdebar-debar saat penyakit asam lambung nya kambuh. Hal itu membuat mereka semakin cemas dan berpikiran akan terjadi serangan jantung. Lantas, benarkah asam lambung naik jantung berdebar dibuatnya? Yuk kita simak di bawah ini.

Info terkait: Penyebab asam lambung naik

Mengapa Asam Lambung Naik Jantung Berdebar Dibuatnya?

Penyakit asam lambung dikenal juga dengan istilah GERD (Gastroesophageal reflux disease). Penyakit ini terkadang menjadi penyebab timbulnya perasaan tegang di bagian dada.

Jantung berdebar-debar dalam bahasa medis dikenal sebagai palpitasi. Ini dapat terjadi saat melakukan aktivitas atau pun dalam kondisi istirahat. Keadaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan, penyakit asam lambung pun dapat menjadi penyebab, akan tetapi umumnya merupakan penyebab secara tidak langsung.

Palpitasi
Palpitasi ini akan menimbulkan sensasi berdebar-debar di bagian dada. Anda akan merasa jantung berdenyut dan memompa dengan lebih kuat dan kencang daripada kondisi normal. Hal ini akan menimbulkan kepanikan bagi sebagian orang bila belum memahami proses nya.

Apa yang menyebabkan jantung berdebar?

Palpitasi biasanya disebabkan oleh permasalahan pada jantung itu sendiri. Untuk hal ini, kami akan membahasnya di bagian artikel yang lain. Selain permasalahan pada jantung, palpitasi juga bisa dipicu oleh hal-hal berikut ini, yaitu:

  • Konsumsi kopi, terutama yang kadar kafein nya tinggi.
  • Kebiasaan merokok karena mengandung nikotin.
  • Demam.
  • Demam akan membuat jantung bekerja lebih cepat karena pada saat demam metabolisme meningkat.
  • Stres.
  • Fisik dalam kondisi kelelahan.
  • Perubahan atau gangguan hormonal, dan
  • Pemakaian jenis obat-obatan tertentu.

Asam Lambung Naik dan Palpitasi

Palpitasi juga secara tidak langsung dapat tercetus dari kambuh nya penyakit GERD. Mengapa dan bagaimana proses terjadinya?

Saat seseorang mengalami gejala kekambuhan GERD maka banyak udara yang terperangkap baik di esofagus (kerongkongan) dan lambung itu sendiri. Hal ini akan menyebabkan lambung dan esofagus bertambah volume nya atau mengambil bagian yang lebih banyak secara relatif di dalam rongga dada dan perut.

Peningkatan volume ini akan memberikan tekanan yang lebih besar kepada organ di sekitar kerongkongan dan lambung. Jantung termasuk salah satu organ yang terkena imbasnya.

Organ jantung akan menerima tekanan di dalam rongga dada dan sedikit banyak akan mengalami gangguan fungsi dan mekanik. Jantung akan bekerja relatif lebih keras atau kuat untuk melawan beban tekanan ini. Semua itu dilakukan agar menjaga aliran darah tetap normal.

Selain itu, kekambuhan penyakit asam lambung akan membuat penderitanya menjadi stress dan cemas. Nah, seperti yang kita ketahui bahwasanya stress akan meningkatkan kemungkinan terjadinya palpitasi.

Baca juga: Asam lambung dan kecemasan

Nah, itu tadi 2 hal penting yang menjelaskan mengapa asam lambung naik jantung berdebar dibuatnya. Mudah-mudahan dengan memahami nya akan mengurangi sedikit kecemasan Anda sehingga gejala palpitasi tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat.

Coba juga: obat tradisional asam lambung kunyit

  • Sumber:
    • Healthline.com (2019): Can Acid Reflux Cause Heart Palpitations?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here