Buah Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung Naik

0
14
Buah Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung Naik
Ini Dia Buah Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung Naik

Apa saja buah yang aman bagi penderita asam lambung naik? Konsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat. Namun, penderita penyakit asam lambung naik (GERD) tidak diperbolehkan untuk sembrono dalam memilih menu makanan, termasuk dalam hal pemilihan jenis buah yang akan dikonsumsi.

Kesalahan dalam memilih jenis makanan atau minuman bisa mencetuskan timbulnya gejala asam lambung naik, semisal nyeri pada ulu hati, terasa panas pada area dada (heartburn), mual hingga muntah, kepala menjadi pusing, dan sebagainya.

Jenis buah yang memiliki cita rasa asam, semisal lemon, nanas, jeruk, jeruk nipis, serta tomat dapat menimbulkan kekambuhan keluhan penyakit asam lambung.

5 Buah Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung Naik

Berikut ini adalah berbagai macam buah yang relatif aman bagi pasien penyakit asam lambung naik

1. Pisang

Lansiran dari Everyday Health menyatakan bahwa buah pisang termasuk je is buah yang cukup aman untuk dikonsumsi oleh pasien GERD. Buah ini termasuk buah yang memiliki sifat basa (kadar pH tinggi). Oleh karena itu, konsumsi buah tidak akan mencetuskan kenaikan derajat keasaman pada lambung.

Selain kandungan asam yang rendah buah ini juga memiliki kandungan nutrisi semisal serat, vitamin B6, dan kalium yang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan informasi dari AARP, buah pisang bisa membantu mengatasi asam lambung naik dalam berbagai macam cara.

Jenis buah ini bisa melapisi lapisan kerongkongan (esofagus) sehingga terhindar dari iritasi akibat asam lambung yang naik (refluks) dari rongga lambung ke atas (bahkan sampai ke rongga mulut).

Tidak cukup sampai disitu, kandungan serat pektin pada buah pisang bisa membantu memperkuat sistem pencernaan. Jenis serat ini akan membantu melancarkan proses pencernaan sehingga makanan tidak terlampau lama berada pada usus (perut). Seperti pemahaman yang benar bahwa bilamana makanan terlalu lama pada saluran pencernaan (khususnya lambung) maka akan meningkatkan produksi asam lambung.

Baca juga: Kandungan Gizi Buah Pisang dan Kegunaan nya

2. Pepaya

Lansiran dari Medical News Today, buah pepaya masuk kategori kepada ragam buah yang aman bagi penderita asam lambung. Hal ini karena buah ini mempunyai derajat asam yang rendah. Namun, jangan sampai salah kaprah. Walaupun derajat keasamannya rendah, buah ini mempunyai banyak kandungan air dan kaya akan vitamin C.

Satu buah pepaya yang berukuran sedang dapat memenuhi sejumlah 224 persen kebutuhan harian vitamin C orang dewasa. Jumlah yang sangat banyak bukan?

Selain vitamin C, buah ini juga mempunyai kandungan vitamin A, E, K, folat, mineral, magnesium, tembaga, antioksidan beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, kalsium, dan potasium.

Vitamin dan mineral ini tidak hanya bermanfaat pada penyakit asam lambung itu sendiri, tetapi juga menjaga derajat kesehatan tubuh manusia.

3. Melon

Layaknya pisang, buah melon juga tergolong buah yang aman bagi pasien GERD. Kadar keasaman buah ini tergolong kepada basa dengan pH sekitar 6,1. Selain itu, melon adalah sumber magnesium yang sesuai. Coba Anda lihat kandungan obat antasida seperti promag, milanta, dan merek sejenisnya. Salah satu kandungan nya adalah magnesium. Jadi ya, konsumsi melon dapat membantu mengurangi gejala kekambuhan asam lambung naik.

Baca juga: Buah Untuk Asam Lambung Dan Maag : Anjuran dan Pantangan

4. Apel Merah

Lansiran yang bersumber dari Healthline, buah apel termasuk ke dalam buah yang aman bagi pasien GERD. Hampir sama seperti melon tadi, kandungan kalsium, magnesium, dan kalium nya diyakini dapat mengurangi tingkat keparahan gejala asam lambung naik.

Selain itu, buah apel juga kaya akan antioksidan. Senyawa ini sangat baik untuk melawan proses-proses penyakit kronik yang terjadi pada sel dan jaringan tubuh manusia. Perlu Anda pahami bahwa derajat keasaman apel merah lebih rendah dari apel hijau.

Info terkait: Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat nya

5. Semangka

Lansiran dari NDTV, buah semangka juga masuk dalam kategori buah yang aman bagi pasien penderita asam lambung. Buah ini bisa membantu menetralkan asam pada perut dan mengurangi gejala asam lambung dengan komposisi air nya yang cukup tinggi.

Selain itu, buah ini juga banyak mengandung antioksidan, vitamin A dan C, serta asam amino yang sesuai untuk saluran pencernaan dan tingkat kesehatan.

Penderita penyakit asam lambung harus rajin untuk kontrol ke dokter terkait kondisi penyakitnya, terutama bila telah menunjukkan tanda-tanda komplikasi. Jagalah pola makan termasuk memilih buah yang aman bagi penderita asam lambung naik. Jaga pola minum, istirahat, dan gaya hidup yang sehat.

Baca juga: Hubungan Asam Lambung Dan Sakit Pinggang

Video Penjelasan Buah Yang Aman Untuk Pasien GERD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here