Berapa Biaya Inseminasi Buatan Yang Perlu Dikeluarkan Oleh Pasutri?

0
52
Berapa Biaya Inseminasi Buatan
Berapa Biaya Inseminasi Buatan. Gambar : Thomas Breher dari Pixabay Free License

Berapa Biaya Inseminasi Buatan? – Inseminasi buatan sering menjadi pilihan utama bagi tiap pasangan yang belum memiliki keturunan meskipun sudah menikah dalam jangka waktu yang lama. Meskipun dari segi biaya inseminasi buatan relatif besar, namun nyatanya masih menjadi salah satu solusi kesuburan yang banyak dicari.

Jadi Berapa Biaya Inseminasi Buatan ?

Banyak yang masih bingung dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses tersebut. Sejumlah kalangan menilai jika biaya yang harus dikeluarkan sangatlah terjangkau. Lantas, biaya apa sajakah yang dikeluarkan untuk menjalankan program ini?

1. Biaya Pemeriksaan Dan Konsultasi

Secara umum, biaya pemeriksaan maupun konsultasi yang dibebankan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung dengan pelayanan dan juga rumah sakit tempat pemeriksaan. Untuk konsultasi sendiri, rata-rata biaya antara 150-500 ribu rupiah tergantung dari rumah sakit dan biaya dokter.

Jika Anda ingin menjalankan pemeriksaan secara menyeluruh untuk suami dan istri, hal ini bisa mencapai 1,7-2,5 juta rupiah. Pemeriksaan dilakukan beberapa waktu, bahkan jika diperlukan dapat dilakukan proses uji laboratorium untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

2. Biaya Obat-Obatan

Setelah melakukan pemeriksaan, setiap pasien akan diberikan beberapa jenis obat-obat khusus untuk merangsang hormon untuk mempermudah terjadinya ovulasi. Obat-obatan ini beragam dan harganya pun disesuaikan dengan masing-masing jenisnya maupun jumlahnya.

Beberapa klinik atau rumah sakit sering kali membedakan antara biaya pemeriksaan dan biaya obat-obatan. Jika obat ini tidak termasuk dengan biaya pemeriksaan, biasanya harganya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

3. Biaya Proses Inseminasi Buatan

Adapun biaya inseminasi buatan yang paling utama adalah biaya prosesnya. Sekali lagi, biaya yang dibebankan pada setiap pasien akan sangat berbeda tergantung pada rumah sakit tempat program tersebut dijalankan.

Semakin besar rumah sakit dan semakin lengkap peralatan yang digunakan, tentunya semakin tinggi biaya yang dibutuhkan. Dilansir dari beberapa website rumah sakit, kisaran harga yang harus dikeluarkan untuk menjalankan proses inseminasi adalah 4-7 juta rupiah untuk sekali prosedur, termasuk pencucian sperma dan penyuntikan rongga rahim.

Biaya Lain-Lain

Anda juga perlu menyiapkan budget tambahan sebagai cadangan. Belum lagi dengan biaya transportasi, biaya makan selama pemeriksaan, dan sebagainya. Sangat disarankan untuk menyiapkan dana lebih dari budget awal, yakni sebesar 20-30% untuk biaya tidak terduga.

Jika ditotal, maka biaya yang harus disiapkan setidaknya adalah 5-10 juta untuk satu kali prosedur inseminasi buatan yang dilakukan. Tentunya, tidak semua proses inseminasi buatan akan langsung berhasil di program pertama. Bahkan sering kali dibutuhkan 3-6 kali percobaan untuk bisa berhasil.

Demikian sejumlah biaya inseminasi buatan yang perlu disiapkan jika Anda ingin menjalankan program tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menuntun Anda untuk mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan. Silakan dicoba! (omni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here